SITUS BERITA TERBARU

3 Makanan Favorit Ahok

Monday, September 16, 2013
Quote:3 Makanan Favorit Ahok


[imagetag]

Belitung:Ada banyak panganan khas Belitung, mulai dari kemplang, mie belitung, hingga berbagai variasi seafood. Tapi hanya tiga jenis makanan yang menjadi favorit Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Berikut tiga menu idaman Ahok:

1. Mie Belitung
Makanan ini merupakan racikan mie basah yang disiram kuah kental kecokelatan. Rasanya manis-manis gurih dengan aroma udang yang kuat. Di dalamnya, Anda juga bisa menemukam potongan udang, tahu goreng, tauge, mentimun, dan irisan kecil bakwan udang.

Ahok bahkan menyebut rasa mie ini mirip mie di Malaysia. "Tapi menurut saya Mie Belitung jauh lebih enak," ujar dia.

Jika umumnya makanan dibungkus daun pisang, di Belitung mie ini dibungkus dengan daun sindor. Ingin citarasa pedas? Silakan tambahkan sambal merah ke dalam kuahnya. Nyaman oooo! (Bahasa Belitung: enak sekali!)

2. Ikan Asam Pedas
Ikan pindang atau kuah asam adalah makanan yang banyak ditemui di Sumatera. Tetapi di Belitung, rasanya lebih spesial karena ditambah potongan nanas. Kuahnya pun jadi harum dengan aroma nanas. Meskipun warnanya merah menyala, rasa pedasnya sedang saja.

"Itulah uniknya rasa asam pedas di sini, biarpun pakai banyak cabai tapi tidak pedas," kata Basuki.

3. Rajungan
Rajungan laut di Belitung tak dimasak dengan banyak bumbu, cukup direbus. Tapi minimnya bumbu malah membuat gurihnya daging rajungan sangat menonjol di lidah.

Dibandingkan kepiting, cangkang rajungan tak terlalu keras. Tetapi kakinya juga memiliki duri sehingga harus berhati-hati.

Jika ingin lebih berbumbu, Anda bisa mencelupkan dagingnya ke sambal kecap atau sambal terasi yang disediakan.

SUMBER...


Kayanya makanan favorit Ahok enak-enak banget!!!!
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive