SITUS BERITA TERBARU

Seputar Kasus Rudi si Mafia Migas, ini Profil Kernel Oil

Thursday, August 15, 2013
TEMPO.CO, Jakarta--Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Ruiandini ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan pemberian suap. Pemberi suap disebut-sebut sebagai Kernel Oil Pte Ltd., perusahaan perdagangan minyak mentah dan produk minyak bumi yang bermarkas besar di Singapura.

Tak banyak yang mau bicara tentang profil Kernel Oil ini, termasuk pihak SKK Migas. Sekretaris SKK Migas Gde Pradnjana mengaku tak tahu banyak tentang trader minyak ini maupun kasus yang menyeret koleganya.

"Saya hanya dapat informasi dari media. Kernel Oil berbisnis sudah sejak lama, tapi profilnya silakan dicari di internet, saya juga tidak tahu," kata Gde ketika dihubungi Tempo, Rabu, 14 Agustus 2013.

Situs berita businessweek menyebutkan perusahaan ini menjadi perusahaan incorporated pada 2006. Kernel Oil Pte Ltd., dicatat memiliki anak perusahaan di 3 negara, yaitu Indonesia, Thailand dan Australia.

Sumber Tempo menyatakan Kernel sudah mengikuti tender penjualan minyak sejak 2010. Sumber tersebut mengatakan Agustus 2012, Kernel pernah memenangkan tender penjualan kondensat.

Kernel oil memperdagangkan minyak mentah maupun berbagai produk turunan minyak mentah. Dalam aktivitas perdagangan minyak mentah, Kernel Oil memasarkan minyak dari kawasan Asia Timur, Teluk Persia, Mediterania dan Afrika Barat.

Situs businessweek menyebutkan Kernel Oil juga menjual produk turunan minyak seperti bensin, solar, minyak dasar, aspal, kondensat, nafta, minyak tanah, oli dan residu. Perusahaan ini juga menyediakan cairan gas alam seperti liquified petroleum gas (LPG), etana dan naphta petrokimia serta berbagai produk kimia lainnya.

Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan suap ini terkait lelang tender penjualan minyak mentah bagian negara yang akan digelar. Namun Gde tak mau berkomentar banyak tentang dugaan tersebut.

"Kami tender crude setiap 3 bulan atau 4 bulan. Saya tidak tahu apa mereka (Kernel) ikut atau tidak. Kalaupun ikut, belum tentu itu yang dicari KPK. Saya tidak mau berspekulasi, mungkin KPK yang bisa memberikan pernyataan. Tunggu saja ke mana arah kasus ini," kata Gde.

Gde juga mengaku tak tahu menahu sosok Simon Gunawan yang ditangkap bersama Rudi. KPK menyebut Simon sebagai petinggi Kernel Oil. "Saya juga penasaran siapa Simon ini dan apa perannya. Kita tunggu saja perkembangan dari KPK," kata Gde.

sumber

cekidot langsung ke webnya gan KernelOil
blum ada berita si rudi disono [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive