SITUS BERITA TERBARU

September, Malek Mahmud Dikukuhkan Jadi Wali Nanggroe Aceh

Tuesday, August 13, 2013
BANDA ACEH - Mantan Perdana Menteri Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Malek Mahmud Al-Haytar dijadwalkan pada 20 September 2013 mendatang, akan dikukuhkan sebagai Wali Nanggroe Aceh dalam rapat paripurna istimewa DPR Aceh.

"Jadwal pengukuhan Wali Nanggroe masih tentatif. Namun, dalam rapat Badan Musyawarah DPR Aceh dijadwalkan pada 20 September mendatang," kata Ketua Badan Legislasi DPR Aceh Abdullah Saleh kepada acehonline.info, Selasa (13/8), di Banda Aceh.

Menurut dia, acara pengukuhan Wali Nanggroe direncanakan dihadiri Presiden RI. Dimana pada hari itu juga, Presiden akan membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA).

"Jadi, rapat paripurna istimewa DPR Aceh dengan agenda pengukuhan Wali Nanggroe akan disesuaikan dengan jadwal kunjungan Presiden ke Aceh," kata Abdullah Saleh.

Politisi Partai Aceh juga menjelaskan, pengangkatan dan pengukuhan Malik Mahmud tertuang dalan Qanun Aceh Nomor 12 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe.

Ia menyebutkan, fungsi dan tugas Wali Nanggroe tersebut lebih kepada penasihat dan tokoh pemersatu masyarakat Aceh di bidang adat istiadat.

Menyangkut dengan kesekretariatan Lembaga Wali Nanggroe, Abdullah Saleh mengatakan Pemerintah Aceh sudah membangun meuligo atau rumah dinas sekaligus kantor Wali Nanggroe.

Ia menambahkan sekretariat Lembaga Wali Nanggroe, merupakan Satuan Kerja Perangkat Aceh atau SKPA di bawah naungan Pemerintah Aceh. Pembentukan SKPA ini akan dilakukan secepatnya.

"Masalah pembentukan SKPA ini sudah dibicarakan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, terutama menyangkut masalah eselon pejabat di SKPA Wali Nanggroe," imbuh Abdullah Saleh.(sumber)


Mantap,,,, jadi iri kayaknya ntar daerah lain di indo,,,, [imagetag][imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive