SITUS BERITA TERBARU

RI Ketergantungan Impor Pangan, Sofjan Wanandi: Lama-lama Bisa Gila Kita

Wednesday, August 28, 2013
RI Ketergantungan Impor Pangan, Sofjan Wanandi: Lama-lama Bisa Gila Kita

Jakarta - Ketergantungan Indonesia terhadap impor pangan saat ini dinilai sudah parah. Pengusaha menilai pemerintah harusnya punya perencanaan yang baik untuk meningkatkan produktivitas pangan dari dalam negeri.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, bila produktivitas pangan Indonesia kuat dan bahkan bisa ekspor, maka pelemahan rupiah terhadap dolar tak bermasalah, malah akan menguntungkan karena akan meningkatkan ekspor.

"Ya ini (pelemahan rupiah) kan karena pemerintah nggak punya perencanaan yang baik, punya rencana tapi nggak dilakukan, tidak pernah kasih bibit unggul yang baik, agar bisa petani kita tanam pada saat tidak tanam padi. Ya bagaimana kebutuhan kita tinggi, produksinya nggak cukup. Pemerintah tidak pernah serius. Akibatnya apa, impor inilah itulah, impor sapilah, tapi produksi dalam negerinya nggak ditingkatkan. Lama-lama impor ini bisa gila kita dibikin," tutur Sofjan ditemui di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Pada kesempatan itu, Sofjan mengatakan, saat zaman Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), petani di wilayah Sulawesi bisa swasembada beras karena dibantu perbenihannya, serta pupuknya.

"Lihat saja di Sulawesi, dibantu program kakao sekarang ekspor kakaonya meningkat di sana, kopinya juga. Bahkan pengusaha-pengusaha di Sulawesi sudah bilang sama saya, mereka justru berharap rupiah melemah terus bahkan samapai Rp 15.000 karena mereka akan ekspor, untung banyak mereka," jelas Sofjan.

Sampai saat ini memang ada sejumlah pangan yang diimpor pemerintah. Buah-buahan, beras, dan kedelai juga terus diimpor oleh pemerintah.

sumber ;http://finance.detik..com/read/2013/08/27/164913/2342143/4/ri-ketergantungan-impor-pangan-sofjan-wanandi-lama-lama-bisa-gila-kita

mirisssssss.....[imagetag][imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive