SITUS BERITA TERBARU

Pesawat Lion Air Tabrak Sapi di Gorontalo

Friday, August 9, 2013
GORONTALO - Pesawat Lion Air tergelincir di Bandara Jalaludin, Gorontalo, Selasa malam pukul 21.13 Wita.

Pesawat jenis Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan JT892 itu tergelincir dan keluar landasan karena berusaha menghindari kawanan sapi yang berjalan di landasan pacu.

Berdasarkan pantauan, seluruh badan pesawat berada di luar landasan pacu dengan kondisi roda pesawat amblas ke dalam tanah.

Menurut sang pilot, Iwan Primadi, Rabu (7/8/2013), pesawat rute Jakarta-Makassar-Gorontalo itu kondisi cuaca bagus saat pendaratan. Namun di landasan ada tiga ekor sapi.

Saat itu pesawat melaju dengan kecepatan 120 knot sehingga tak bisa menghindari kawanan ternak tersebut. Satu ekor sapi terlindas roda bagian belakang sebelah kiri.

Awalnya, kata Iwan, laju pesawat masih bisa dikontrol. Namun, saat memasuki ujung landasan, pesawat tergelincir keluar landasan.

Insiden tersebut tidak menimbulkan korban. Sebanyak 110 penumpang selamat meski harus dievakuasi menggunakan mobil ke terminal kedatangan.

Hingga siang ini, badan pesawat Lion Air belum dievakuasi karena masih menunggu teknisi dari Makassar. Bandara Jalaludin pun masih ditutup untuk penerbangan.

Posisi pesawat yang tergelincir di bagian kiri landasan, namun sayap pesawat sebelah kanan masih membentang di landasan. Kondisi tersebut tidak memungkinkan bagi pesawat lain untuk lepas landas maupun mendarat.

Kok bisa2nya ya?

Sumber: http://berita.plasa.msn.com/nasional/okezone/pesawat-lion-air-tabrak-sapi-di-gorontalo-ini-pengakuan-pilot
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive