SITUS BERITA TERBARU

[ Pemimpin Terkeren ] Kali Ciliwung Istiqlal Akan Jadi Percontohan Pengolahan Air Ber

Monday, August 26, 2013
[imagetag]

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com � Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan kerja sama dengan Korea Selatan untuk pengolahan air sungai menjadi air bersih. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, lokasi yang akan dijadikan sebagai percontohan adalah Kali Ciliwung yang mengalir di sekitar kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Ini lagi mau dikerjakan dan sungai di Istiqlal kita olah jadi air bersih," kata Basuki, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (24/8/2013).

Salah satu upaya untuk menjernihkan air sungai itu adalah dengan memasang mesin pengolahan air limbah. Limbah rumah tangga dan perkantoran tidak akan langsung masuk dan mengalir ke sungai, tetapi diolah terlebih dahulu dengan menggunakan mesin pengolahan limbah.

Mesin pengolahan limbah itu, kata Basuki, akan disediakan oleh perusahaan Korea Selatan tersebut. "Jadi, kita bayangkan sekarang hanya ikan sapu-sapu saja yang hidup di sungai," ujarnya.

Beberapa bulan lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Korea Selatan Kim Yeong-seon. Pertemuan itu menghasilkan dua kesepakatan, yakni restorasi Kali Ciliwung dan kerja sama dalam bidang transportasi.

Untuk kerja sama restorasi Kali Ciliwung, Pemprov DKI ingin membuat Kali Ciliwung yang mengalir di sepanjang Pasar Baru-Istiqlal dapat bersih dan dijadikan wisata, seperti sungai-sungai yang ada di Korea Selatan.

Saat itu Gubernur Jokowi mengagumi sungai-sungai yang berada di tengah kota di Korea Selatan yang bersih dan dapat digunakan sebagai wisata pada malam harinya. "Kalau saya lihat, sungai tengah kota di Korsel itu diporselen bersih semuanya. Malam hari, sungainya bisa dipakai buat jalan-jalan. Kenapa enggak dicontoh," kata Jokowi.


Mantap, Pak Ahok action lagi, kali ciliwung akan di bersihkan.. [imagetag]

hebat dan keren!!! jakarta bener2 maju . we love you full Pak Ahok.. [imagetag] [imagetag]


sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive