SITUS BERITA TERBARU

[Mantap!] Tinggi Patung GWK Akan Melebihi Liberty

Thursday, August 22, 2013
Akhirnya Indonesia kembali punya icon yang patut dibanggakan! [imagetag]

[imagetag]
Gambar diatas baru cuma kepalanya doang gan.
Berita:
Quote:DENPASAR, KOMPAS.com � Tinggi patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan melebihi patung Liberty di Amerika Serikat. Tinggi patung GWK mencapai 126 meter mulai dari Pedestal, Garuda hingga Wisnu, sementara tinggi Liberty 93 meter.

Menurut pemikir budaya Jean Couteau, keberadaan patung GWK nantinya akan seperti patung Liberty di AS. "Liberty mengandung makna politik yang dikaitkan nilai-nilai perjuangan Amerika ke arah demokrasi, GWK akan menjadi satu lambang politik dari keindonesiaan, GWK akan mewakili kepluralan dari Indonesia," ujar Jean saat konferensi pers menjelang peletakan batu pertama di Kawasan Taman Budaya GWK, Kamis (22/8/2013).

"Karena lapis-lapis budaya, di satu pihak akan mewakili Bali, di lain pihak akan mewakili bangsa Indonesia, dan akan mewakili humanistis yang terdapat kebinekaan Indonesia," imbuhnya.

Seperti diberitakan, setelah sempat terhenti sekitar 16 tahun, pembangunan patung GWK akan segera dimulai kembali pada Jumat (23/8/2013) dengan peletakan batu pertama di Kawasan Taman Budaya GWK.

Pihak Yayasan GWK menggandeng investor PT Garuda Adhimatra Indonesia (PT GAIN) untuk merampungkan megaproyek yang diperkirakan menelan dana hingga Rp 450 miliar tersebut.


Quote:400 Truk Angkut Patung Garuda Wisnu dari Bandung ke Bali
DENPASAR, KOMPAS.com - Perancang patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), seniman Nyoman Nuarta menyiapkan 400 truk tronton untuk mengangkut potongan-potongan patung GWK dari Bandung ke Bali. Proses pengangkutan sudah dilakukan secara bertahap sejak 6 bulan lalu dan akan terus berlangsung hingga patung selesai dengan target 3 tahun mendatang.

"Saya sudah 6 bulan lalu lebih memulai, sebagian sudah dikirim ke sini, sebagian di Bandung. Rencana 400 tronton yang mengangkut ke Bali," ujar Nuarta saat konferensi pers menjelang peletakan batu pertama di kawasan Taman Budaya GWK, Kamis (22/8/2013).

Patung setinggi 126 meter tersebut terbuat dari tembaga dan kuningan dengan struktur kulit patung dari baja. Patung berbobot 3.000 ton tersebut selama ini proses pengerjaannya di Bandung tepatnya di studio milik Nuarta. Nuarta harus memotong-motong bagian patung untuk dibawa ke Bali dan akan kembali dirangkai di taman budaya GWK.

"Saya yakin 3 tahun bisa selesaikan patung itu," tegas Nuarta.

Seperti diberitakan, setelah sempat terhenti cukup lama sekitar 16 tahun, patung GWK akan segera dimulai kembali pembangunannya. Pihak yayasan GWK menggandeng investor PT Garuda Adhimatra Indonesia (PT GAIN) untuk merampungkan megaproyek yang diperkirakan menelan dana hingga Rp 450 miliar ini.


Sumber
Sumber

Bangga dengan hasil karya anak bangsa [imagetag] [imagetag] [imagetag]

Jangan lupa [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive