SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Baru Berencana, Risma Sudah Melakukan

Wednesday, August 28, 2013
Surabaya - Tanpa banyak liputan media, Walikota Surabaya Tri Rismaharini membangun kota Surabaya menjadi luar biasa. Bu Risma - demikian dia biasa dipanggil - sudah melakukan lebih dulu apa yang menjadi konsep Gubernur DKI Jokowi dalam menata Jakarta.

Jokowi maupun Risma merupakan dua kepala daerah yang bisa menjadi teladan. Keduanya membangun wilayah yang dipimpinnya dengan penuh optimisme, tidak hanya duduk di kantor, tapi sering terjun ke lapangan. Keduanya memiliki tipikal yang mirip.

Dalam membangun Jakarta, Jokowi selalu blusukan ke kampung-kampung, menginventarisir masalah dan mencari solusi. Ternyata, Risma telah melakukan blusukan sejak lama. Bahkan saat masih menjadi kepala dinas pertamanan Surabaya. Kebiasaan baik itu dia pertahankan sejak menjadi walikota sejak tiga tahun lalu hingga kini.

Blusukan Risma bahkan kadang-kadang membuat banyak orang geleng-geleng kepala. "Kadang-kadang Bu Risma itu keluar jam dua belas malam, kemudian ikut menyapu jalan," kata Budi, salah seorang warga Surabaya. Blusukannya memang jarang terendus ke media.

Selain blusukan, Risma juga telah melakukan banyak hal. Penataan pasar yang sebelumnya semrawut kini tertata rapi. Risma juga menata pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya terserak di banyak pinggir jalan dan mengganggu lalu lintas. Kini, Risma sudah membangun banyak gedung sebagai tempat para PKL untuk berjualan yang lebih manusiawi dan sehat.

"Ini dulu sebelum saya bangun. Sekarang, ini gedung baru tempat para PKL berjualan," kata perempuan berjilbab saat memaparkan pembangunan kota Surabaya di depan para pemred saat bersilaturahmi di rumah dinas Walikota, Minggu (25/8/2013) malam. Gedung untuk para PKL yang ditunjukkan Risma benar-benar membelalakkan mata, karena mirip mal.

Risma juga telah melakukan revitalisasi waduk-waduk yang ada di Surabaya agar berfungsi kembali sebagai taman dan penampung air. Program revitalisasi waduk ini juga yang sedang digalakkan Jokowi di Jakarta.

Bagaimana revitalisasi sungai dan gorong-gorong? Risma juga telah melakukannya. Dia mengeruk sungai lebih dalam dan bahkan membangun sungai baru. Risma juga selalu rutin menggerakkan stafnya untuk membersihkan got dan gorong-gorong. Sungai-sungai di Surabaya juga tampak bersih dari sampah.

"Alhamdulillah, bila sebelumnya banjir, pada tahun 2011 dan 2012 tidak ada banjir," kata Risma. Dalam pemaparannya, Risma juga memperlihatkan program revitalisasi taman-taman. "Gila! Ini sih seperti di luar negeri," kata salah seorang pemred ketika Risma membeberkan foto-foto taman di kotanya.

"Apa yang saya sampaikan ini sesuai fakta dan apa adanya. Kalau tidak percaya, silakan cek sendiri," ujar Risma.
------------------------------------------
Sumber: http://m.detik..com/news/read/2013/0...udah-melakukan
------------------------------------------
banyak pemimpin kita yang berkualitas, hal ini berdampak positif bahwa kaderisasi kepemimpinan nasional berjalan, kita harus melihatnya dengan rasional dan real, tidak termakan media, apalagi sampai menganggapnya bagaikan dewa, Risma membuktikan kualitasnya ditengah liputan habis2an kepada jokowi yang seakan2 hanya dia seorang yang mampu memimpin dengan hati ... Risma konsisten dengan jabatannya sedangkan jokowi bagai kutu loncat, mungkin itulah bedanya diantara mereka berdua, selain apa yang ada di berita diatas
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive