SITUS BERITA TERBARU

Jaringan GUSDURian: Bubarkan FPI atau SBY Mundur

Tuesday, August 13, 2013
Jaringan GUSDURian Jawa Timur sangat prihatin atas kembali terjadi aksi kekerasaan yang berujung bentrokan antara massa FPI dan warga Blimbing Paciran Lamongan, Senin (12/8/2013) dini hari.

Dikabarkan bentrok tersebut dipicu aksi sweeping massa FPI terhadap warga yang diduga melakukan tindak kekerasan terhadap istri salah satu anggota/simpatisan FPI. Bentrok yang melibatkan lebih dari 42 orang massa FPI ini menyebabkan seorang warga terluka parah akibat sabetan senjata tajam. Tidak hanya itu sebuah rumah dan 2 sepeda motor dikabarkan ikut dibakar.

"Kami sangat prihatin atas kejadian ini," tegas Kordinator Jaringan GUSDURian Jawa Timur, Aan Anshori dalam rilisnya kepada Tribunnews.com, Senin (12/8/2013).

Dia tegaskan, praktek kekerasaan yang diperlihatkan dalam kejadian ini senyatanya menunjukkan dua hal. Pertama, FPI merasa berada di atas hukum sehingga seringkali menggunakan cara-cara premanisme dalam menyelesaikan persoalan.

Selain itu, amarah warga merupakan bentuk ketidakpercayaan warga (civil disobedience) atas loyonya negara/aparat hukum dlm menghadapi prilaku organisasi tersebut.

Karena itu, Jaringan GUSDURian Jawa Timur mendesak kepada kepolisian Lamongan dan polda Jatim agar berani memproses hukum seluruh pihak yang terlibat dalam aksi kekerasan tersebut. Termasuk terhadap 42 orang lebih yang diberitakan merupakan anggota/simpatisan FPI.

"Sejalan dengan sikap banyak ormas termasuk PBNU, kami juga mendesak Presiden SBY menunjukkan nyalinya untuk segera menggunakan kewenangannya membubarkan FPI. Penundaan pembubarannya menunjukkan keberadaan SBY semakin menimbulkan banyak mudlarat terhadap masyarakat," tegas dia.

"Oleh karenanya presiden perlu memikirkan serius pilihan untuk mengundurkan diri karena terbukti telah gagal melawan aksi premanisme organisasi tersebut," katanya.

Selain itu, Jaringan GUSDURian Jawa Timur meminta kepada seluruh masyarakat untuk mengedepankan dialog tanpa kekerasan dalam menyikapi berbagai perbedaan yang ada. Dialog merupakan pilihan terbaik yang bermartabat untuk menyelesaikan berbagai masalah.

SUMBER

bibib pusink, pijid olga dolo aja ahhhh
[imagetag]
[imagetag][imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive