SITUS BERITA TERBARU

Impor PERTAMAX lebih murah daripada produksi PREMIUM sendiri, PERCAYA GA?

Tuesday, August 20, 2013
Impor Pertamax Ternyata Lebih Murah Daripada Produksi Premium Sendiri

[imagetag]

Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengungkapkan, impor pertamax jauh lebih murah alias efisien daripada produksi premium pada kilang sendiri di dalam negeri.

"Lebih untung impor pertamax atau BBM ber-RON 90 atau 92 dari pada produksi premium sendiri di kilang dalam negeri," ujar Sekretaris BPH Migas Djoko Siswanto ketika dihubungi, Selasa (20/8/2013).

Djoko menjelaskan, harga pertamax di pasar internasional berfluktuatif, sementara produksi bensin di kilang sendiri lebih mahal.

"Karena kalau produk kilang kita itu lebih mahal, sekitar 5% dari dari harga internasional atau MOPS (Mean Of Plats Singapore) atau lebih mahal dari BBM impor," ujar Djoko.

Alasan lebih mahal dan ruginya memproduksi premium sendiri, kata Djoko, adalah karena kilang minyak yang dimiliki saat ini usianya tua. "Karena usianya tua, sehingga tidak efisien, sehingga lebih mahal," ucapnya.

Djoko mencontohkan, misalnya harga bensin pertamax impor Rp 7.000 per liter, kalau premium produksi kilang sendiri lebih mahal 5%.

"Pertamax impor misalnya harganya Rp 7.000 per liter, produksi premium sendiri lebih mahal 5% atau Rp 350 per liter, berarti harga di kilang dalam negeri sekitar Rp 7.350 per liter, jadi kilang dalam negeri lebih mahal Rp 350 per liter dari impor," ujar Djoko.

(titiknya ilangin satu ya gan)
Sumber : http://finance.detik..com/read/2013/...remium-sendiri

kayaknya gejala bbm mau dinaekin lg nih [imagetag]
mau ga mau ya harus mau terima.. hehehe..
btw pada percaya ga impor pertamax lebih murah daripd produksi premium di negeri sendiri?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive