SITUS BERITA TERBARU

Harga Rumah Di Manado Sangat Tinggi

Wednesday, August 28, 2013
Sumber: Harga rumah di Manado naik tinggi


Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia pada kuartal II lalu menyebutkan, kenaikan harga bahan bangunan yang disebabkan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi faktor pendorong kenaikan harga properti. Indeks harga properti residensial meningkat 2,19% (q-o-q) atau 12,11% (y-o-y). Tekanan kenaikan harga properti residensial ini diperkirakan masih akan berlanjut pada kuartal III.

Berdasarkan tipe rumah, kenaikan harga paling tinggi terjadi pada rumah tipe menengah (2,56%, qtq). Sementara itu berdasarkan wilayah, kenaikan harga properti residensial paling tinggi terjadi di wilayah Manado, yakni sebesar 9,70% (q-o-q) terutama untuk rumah tipe menengah (21,78%). Kenaikan harga properti di wilayah Manado sejalan dengan meningkatnya perekonomian di daerah tersebut sebagai representasi berkembangnya daerah Kawasan Indonesia Timur.

Akibat tingginya permintaan, volume penjualan properti residensial pada kuartal II-2013 meningkat sebesar 18,08% (q-o-q) untuk semua tipe rumah. Tipe rumah menengah dan kecil mengalami kenaikan penjualan paling signifikan, yakni sebesar 23,47% dan 23,43%.

Di sisi pembiayaan juga terjadi peningkatan. Penyaluran KPR dan KPA selama kuartal II naik 12,33% (q-o-q). Survei BI juga memperlihatkan bahwa fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah) masih dominan digunakan konsumen untuk membiayai dalam pembelian properti. Suku bunga yang digunakan bank pemberi KPR berkisar 9%-12%.

Baca juga gan berita yang lain disini:

BBM naik, harga property terdongkrak

LTV diterapkan, orang keil tertekan

Harga bahan bangunan 2013


haduh semua naik nih gan [imagetag]


tapi harga cendol g naikkan gan [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive