SITUS BERITA TERBARU

Hama Wereng Mengganas di Tuban

Wednesday, August 21, 2013
Hama Wereng Mengganas di Tuban

[imagetag]

Quote:Hama wereng mengganas dan menyasar tanaman padi yang berumur antara 45 hari hingga 60 hari di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Akibatnya sekitar 390 hektare tanaman padi di sejumlah desa di Tuban terancam puso.

Tanaman padi yang terserang wereng meliputi Kecamatan Plumpang, Singgahan, Merakurak, Soko, Widang, Parengan dan Rengel. Warga di tujuh kecamatan itu sudah melaporkan serangan hama ini ke Dinas Pertanian Kabupaten Tuban. Secara swadaya warga juga berupaya membasminya dengan penyemprotan hama yang diprakarsai perangkat desa.

Di Desa Jati Mulyo, Kecamatan Plumpang, wereng sudah menyerang sekitar 10 hektare tanaman padi. Para petani dibantu Petugas Penyuluh Lapangan melakukan gerakan penyemprotan dengan racun serangga. Kondisi serupa juga terjadi di beberapa desa di Kecamatan Rengel, seperti di Desa Sawahan dan sekitarnya. "Kita inisiatif semprot sendiri," ujar Basir warga Desa Jati Mulyo, Rabu, 21 Agustus 2013.

Kepala Dinas Pertanian Tuban Sudarmadji mengatakan, hama wereng telah menyerang tujuh kecamatan. Luas tanaman padi yang diserang, sekitar 390 hektare. Dinas Pertanian telah melakukan pembatasan sawah yang diserang hama maupun yang belum. Pembatasan wilayah menjadi penting guna mensterilkan daerah bebas hama. "Kami batasi dan semprot dengan racun serangga," kata dia.

SUMBER


Waahh kesian nih petani
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive