SITUS BERITA TERBARU

Delegasi Israel Tiba di AS Untuk Bahas Krisis Suriah dan Nuklir Iran

Tuesday, August 27, 2013
Washington, - Delegasi senior Israel tiba di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi mengenai krisis Suriah. Isu nuklir Iran dan sejumlah isu-isu keamanan regional lainnya juga dibahas dalam pertemuan itu.

Para pejabat AS mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (27/8/2013), Penasihat Keamanan Nasional AS Susan Rice bertemu dengan Yaakov Amidror, penasihat keamanan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"(Pembicaraan) itu difokuskan pada isu Iran, Mesir, Suriah dan berbagai isu-isu keamanan regional lainnya," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Caitlin Hayden.

Pembicaraan ini digelar seiring Washington tengah mempertimbangkan respons militer atas serangan kimia terhadap warga sipil Suriah pekan lalu. Oposisi Suriah menuding pasukan rezim Suriah bertanggung jawab atas serangan kimia tersebut. Lebih dari 1.300 orang dilaporkan tewas dalam serangan-serangan yang terjadi di daerah-daerah dekat Damaskus pada Rabu, 21 Agustus lalu.

Negara-negara Barat telah menyerukan adanya respons internasional atas dugaan penggunaan senjata kimia tersebut. Pada Minggu, 25 Agustus lalu, Presiden Israel Shimon Peres juga menyerukan adanya upaya internasional untuk memusnahkan senjata kimia milik rezim Presiden Bashar al-Assad.

Pemerintahan Assad telah membantah keras tudingan penggunaan senjata kimia tersebut. Rezim Assad bahkan menyalahkan para pemberontak Suriah atas serangan-serangan tersebut.

Sumber: TeKaPe
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive