SITUS BERITA TERBARU

Daftar CPNS, Guru & Dosen Paling Dibutuhkan

Thursday, August 1, 2013
JAKARTA - Mulai September 2013, pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka. Sebanyak 60 ribu CPNS pun berjibaku untuk memperebutkan posisi empuk di pemerintahan. Tetapi, apa saja ya jabatan yang dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS jalur umum 2013?

Deputi Bidang SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan, profesi yang menjadi prioritas diisi pada tahun ini untuk instansi pusat adalah guru, yakni guru kelas dan guru produktif atau guru yang memberi keterampilan hidup (life skill) untuk siswa.

Selain guru, dosen juga menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan. Demikian disampaikan Setiawan, seperti dikutip dari situs�Kementerian PAN-RB, Kamis (1/8/2013).

"Sedang untuk pemda adalah guru kelas SD dan guru produktif yaitu guru yang memberikan keterampilan kepada siswa seperti guru tata boga, guru akuntansi, guru TIK, guru desain grafis, guru seni kriya, dan lain-lain," tambah Setiawan.

Selain itu, untuk tenaga medis dan paramedis (dokter, dokter spesialis, bidan, perawat, pranatarontgent, asisten apoteker, refraksionis optisien, dan lain-lain). Jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat (progrowth), sesuai potensi dan karakteristik daerah (penyuluh pertanian, perikanan, kelautan, penyuluh koperasi dan UKM, pengawas pertambangan, pengawas jalan dan jembatan, pengawas tata bangunan dan perumahan).

Lalu jabatan untuk menciptakan lapangan kerja (projob) (instruktur automotif, las, tata boga, dan tata rias). Jabatan untuk pengurangan kemiskinan (propoor) (pamong belajar, pembimbing usaha mandiri, pembimbing terapan teknologi tepat guna, penggerak swadaya masyarakat, dan lain-lain). Juga jabatan untuk pengendalian pertumbuhan penduduk penyuluh KB.

Kemudian dibutuhkan pula jabatan penegak hukum (projustice) seperti jaksa, panitera, dan pengaman pemasyarakatan (sipir). Juga pengawas tata bangunan dan perumahan, pengawas teknik jalan serta jembatan, penata ruang, pengawas teknik pengairan, arsitek, pemeriksa pajak, penyuluh pajak, pemeriksa Bea Cukai, pemeriksa merek, pemeriksa dokumen imigrasi, mediator hubungan industrial, instruktur, pengawas ketenagakerjaan, pengamat gunung api, inspektur tambang, penguji kendaraan bermotor, pengawas keselamatan pelayaran, ATC.

Sebelumnya, pemerintah pada September 2013 mulai merekrut 60 ribu CPNS dari jalur umum. Sebanyak 60 ribu CPNS itu rencananya didistribusikan untuk instansi pemerintah pusat (20 ribu) dan instansi pemerintah daerah (40 ribu).(sumber)

sebenarnya guru ama dose banyak, tapi karena asal2an direkrutnya dan pakek sogok ya jadinya Geblek semua yang ada,,,, [imagetag][imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive