SITUS BERITA TERBARU

Bentar lagi JAKARTA Punya BUS DOUBLE DECKER

Wednesday, August 14, 2013
[imagetag]
[imagetag]

Quote:Original Posted By .

[imagetag]


[imagetag][imagetag][imagetag]



Quote:Original Posted By .

November, Bus Tingkat Khusus Turis Beroperasi di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com � Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan armada bus khusus yang melayani turis asing di Jakarta. Tahun ini akan diujicobakan lima unit bus tingkat untuk turis tersebut.
"Ada bus khusus untuk turis-turis, nanti bulan November lah nongolnya," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Rabu(14/8/2013) sore di Balaikota Jakarta.
Sebagai permulaan sekaligus uji coba, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta telah memesan lima bus khusus untuk turis tersebut. Bus itu akan dioperasikan secara gratis di Jakarta.
Jokowi melanjutkan, jika uji coba tersebut dianggap berhasil, ia akan menambah bus serupa di tahun mendatang. "Busnya tingkat, lima dulu. Kalau benar, akan ditambah lagi 100 atau 50," katanya.
Jokowi menjelaskan, bus gratis khusus untuk mengangkut turis tersebut tidak mendapat hak khusus di jalanan layaknya bus Transjakarta. Bus itu menggunakan jalan umum biasa saat beroperasi.


Quote:Original Posted By .

Satu Bus Tingkat untuk Turis Seharga Rp 2 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com � Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, diperlukan dana sebesar Rp 10 miliar untuk menyediakan lima bus tingkat untuk turis asing di Jakarta. Dana itu diambilkan dari APBD DKI 2013.
"Jadi, Rp 10 miliar kalau enggak salah, masing-masing bus harganya Rp 2 miliar. Murah kalau dibandingkan bus transjakarta yang harganya hampir Rp 4 miliar," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (14/8/2013).
Bus tingkat atau double decker itu rencananya akan diberi warna mencolok dan menampilkan simbol "Enjoy Jakarta". Basuki menginginkan bus itu diberi warna oranye seperti warna kebanggaan klub sepak bola Jakarta, Persija Jakarta.
Pria yang akrab disapa Ahok itu mengatakan, pengadaan bus itu dilakukan melalui lelang. Kendati demikian, Basuki belum menjelaskan secara detail terkait tender tersebut, termasuk pemenang tender dan pengelola bus.
"Dibanding bus gandeng, biaya operasional bus tingkat itu lebih murah. Terus, katanya, flyover Semanggi itu tingginya 4,5 meter, bus tingkat itu tingginya 4,2 meter, jadi masih pas buat masuk," kata Basuki seraya bercanda.
Basuki menyebutkan, Pemprov DKI masih mengkaji rute-rute yang akan dilewati oleh bus berbahan bakar gas tersebut. Bus itu bisa saja menempuh rute Blok M dan Jalan Sudirman atau melintas jalan-jalan di kawasan wisata budaya Jakarta. Dalam operasionalnya, bus tingkat tersebut tidak menggunakan jalur bus transjakarta.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, bus tingkat itu akan tiba bersama 600 bus ukuran sedang pada November 2013.


Sumber :
http://lipsus.kompas.com/gebrakan-jo...ga.Rp.2.Miliar

http://lipsus.kompas.com/gebrakan-jo...asi.di.Jakarta
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive