SITUS BERITA TERBARU

Bahan Narkotika Jenis Baru Ada di Kalimantan

Sunday, August 25, 2013
[imagetag]

Quote:Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan terdapat sebanyak 21 narkoba jenis baru yang berasal dari bahan baku asli Indonesia. Jumlah ini termasuk diantara 251 narkoba jenis baru menjadi temuan dunia pada 2013. "Ada 21 narkotika jenis baru di Indonesia, salah satunya yang dipakai Raffi Ahmad," kata Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal Anang Iskandar di Balikpapan, Sabtu 24 Agustus 2013.

Anang mengatakan narkotika jenis baru ini masih awam peredarannya di kalangan pecandu Indonesia maupun nasional. Namun dampak negatif pengaruhnya, menurutnya jauh lebih merusak kesehatan dibandingkan narkotika yang saat ini beredar di masyarakat.

Salah satu narkotika jenis baru ini, lanjut Anang ditemukan dalam kandungan tanaman perdu yang umum di Kalimantan. Bulan Juli lalu, BNN mendapati kiriman ekspor racikan serbuk tanaman ini dari Pontianak tujuan Amerika Serikat dalam kapasitas besar. "Kiriman ke Amerika Serikat dari Kalbar ke Amerika Serikat," ungkapnya.

Kepala Bagian Humas BNN, Sumirat Dwiyanto menambahkan tanaman jenis ini banyak didapati di seluruh wilayah Kalimantan. Kandungan racikannya menjadi bahan campuran pembuatan narkotika jenis heroin. "Malahan ada laporan jenis tanaman ini banyak didapati di Kaltim," imbuhnya.

Sementara ini, Sumirat mengatakan BNN belum mampu menindak racikan bahan berbahaya hasil tanaman Kalimantan. BNN menunggu landasan hukum penindakan sesuai peraturan resmi pemerintah Indonesia. "Sementara ini belum bisa menindak, kita menunggu saja adanya landasan hukum berupa keputusan pemertah," paparnya.

Namun demikian, Sumirat menyatakan BNN sebenarnya bisa berpatokan yurisprudensi Undang Undang Anti Narkoba dalam menjerat pelaku narkoba jenis baru. Dia mencontohkan terbongkarnya 760 liter narkoba baru jenis sikomol sebagai bahan baku ekstasi. "Kami membongkarnya dari produksi di Madiun dan Ponorogo. Bandar di Jakarta sudah diamankan," ungkapnya.

BNN menyebutkan bahan baku narkoba sitaan ini mampu menghasilkan sebanyak 3,1 juta butir ekstasi. Bahan baku ekstasi ini sempat diekspor pelakunya hingga ke Australia. "Mereka menjual seharga Rp 250 ribu dan saat menjadi ekstasi harganya jadi Rp 300 ribu per butir," tuturnya.

BNN menyebutkan saat ini sebanyak 2,2 persen penduduk Indonesia atau 4 juta jiwa adalah pengkonsumsi aktif narkoba. Prosentase rinciannya adalah 70 persen kalangan usia produktif, 22 persen kaum pelajar dan sisanya lain lain.


sumber: TEMPO

duh makin serem aja nih ada jenis baru, nanti pasti modusnya baru lagi, bahaya generasi dibawah kita kalau narkoba semakin marak, bunuh2in aja tuh orang2nya [imagetag] mungkin agan disini ada yang tau seperti apa jenis barunya?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive