SITUS BERITA TERBARU

Angkutan super cepat "hyperloop" 1.220 km/jam

Tuesday, August 13, 2013
Angkutan super cepat "hyperloop" 1.220 km/jam

[imagetag]


San Fransisco, California (ANTARA News) - Rancangan sistem angkutan super cepat di California yang diberi nama "Hyperloop" diungkap pada Senin oleh pengusaha dan penciptanya, Elon Musk.

Seperti dikutip dari AFP, Hyperloop mengangkut penumpang dalam ruang berbentuk kapsul dengan laju mendekati kecepatan supersonik.

Musk yang mengepalai pembuatan mobil listrik Tesla Motor dan pesawat ruang angkasa swasta SpaceX, mengeluarkan dokumen setebal 57 halaman berisi penjelasan proyek kendaraan yang bakal menghubungkan Los Angeles dan San Fransisco hanya dalam waktu 35 menit.

"Hyperloop terdiri atas pipa bertekanan rendah berisi kapsul-kapsul (ruang penumpang) yang akan melaju dengan kedua kecepatan rendah dan tinggi di sepanjang lorong pipa," tulis dokumen tersebut.

"Kapsulnya disangga oleh suatu bantal udara dengan ruang udara yang dimampatkan dan diangkat secara aerodinamik."

Musk mengatakan tidak berencana membangun sistem tersebut namun menawarkan sumber-sumber rancangan secara terbuka untuk dapat diteruskan oleh pihak lain.

Sistem ini mampu menghasilkan kecepatan laju kendaraan hingga 1.220 kilometer per jam.

Musk menyebut sistem ini berada di antara "concorde dan kereta peluru dan suatu meja hockey udara."

Sistem ini bisa digambarkan mampu menghubungkan dua kota besar di California, sehingga menurut Musk akan lebih eknomis untuk menghubungkan jalur yang berjarak sekitar 1.500 kilometer.

Selain SpaceX dan Tesla, Musk yang lahir di Afrika Selatan namun memiliki kewarganegaraan Amerika - bermain dengan hati-hati atas SolarCity, suatu perusahaan pembuat panel surya untuk rumah tangga dan perusahaan.nak.

Musk (42) meraup keuntungan besar pertama kali ketika menjual Zip2 ke perusahaan komputer AS, Compaq dengan harga lebih dari 300 juta dolar 1999.

Perusahaannya yang lain X.Com merger dengan paypai yaitu perusahaan pembayaran online yang dibeli melalui lelang internet eBay dengan harga 1,5 miliar dolar AS pada 2002.

Sumber:
http://otomotif.antaranews.com/news/...oop-1220-kmjam

Wow......luar biasa cepatnya...... 1220km/h kapan ya ada di Indonesia [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive