SITUS BERITA TERBARU

Anggota DPR Aceh Protes Pernyataan Mendagri

Tuesday, August 13, 2013
BANDA ACEH - Anggota DPR Aceh menyampaikan protes atas pernyataan Menteri Dalam Negeri yang menyebutkan pemerintahan di Aceh lebih mengurus masalah bendera Aceh ketimbang kesejahteraan rakyat.

"Kami di DPR Aceh menyesalkan pernyataan yang menyudutkan seolah-olah kami hanya mengurusi masalah bendera Aceh," kata Abdullah Saleh, anggota DPR Aceh di Banda Aceh, Selasa (13/8).

Pernyataan anggota DPR Aceh itu terkait pernyataan Mendagri Gamawan Fauzi meminta Pemerintah Aceh lebih fokus pada program kesejahteraan rakyat daripada berkutat masalah bendera Aceh.

Menurut Abdullah Saleh, DPR Aceh dan Pemerintah Aceh tetap memfokuskan program kesejahteraan rakyat. Sedang masalah bendera tersebut hanyalah sebagian kecil tugas dan kewenangan DPR Aceh sebagai lembaga legislasi.

Politisi Partai Aceh tersebut menyebutkan, pernyataan Mendagri tersebut melahirkan kesan menyudutkan DPR Aceh dan Pemerintah Aceh serta seakan-akan mengadu domba eksekutif dan legislatif dengan masyarakat Aceh.
"Pernyataan itu melahirkan anggapan seakan-akan DPR Aceh dan Pemerintah Aceh tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat.Padahal, kami tetap fokus dengan kesejahteraan rakyat," kata dia.

Ia mengatakan, masalah qanun bendera tersebut merupakan fungsi legislasi DPR Aceh. Penyelesaian qanun bendera tersebut merupakan perintah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh.

"Artinya, kami sudah menyelesaikan tugas sebagai lembaga legislasi. Sedangkan yang mempermasalahkan qanun ini hanyalah Jakarta. Sedangkan di Aceh tidak ada lagi persoalan," ungkap dia.

Memang, kata dia, masalah bendera Aceh yang dituangkan dalam Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2013 belum ada kesepakatan antara Pemerintah Aceh dengan pemerintah pusat.

Kini, pembahasan masalah bendera Aceh tersebut memasuki masa jeda atau "cooling down"hingga 15 Oktober 2013. Masa jeda tersebut disepakati antara pemerintah pusat dan Pemerintah Aceh pada 31 Juli 2013.

"Seharusnya, dalam masa jeda ini yang sampai ada pernyataan yang bisa menyudutkan para pihak. Penyataan Mendagri ini sangat tidak bagus. Kami menyesalkannya," kata Abdullah Saleh.(sumber)
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive