SITUS BERITA TERBARU

[Akhirnya] Jakarta Akan Kembali Memiliki Bus Tingkat

Thursday, August 15, 2013
Akhir tahun, 5 bus tingkat masuk Jakarta

[imagetag]

Sindonews.com - Sebanyak lima bus tingkat akan mewarnai armada transportasi Jakarta. Rencananya, lima bus tersebut akan masuk ke Jakarta pada akhir tahun ini.

"Pak Gubernur (Joko Widodo) sudah pesan lima bus tingkat. Masuk Oktober-November ini, Double-deck. Jadi kalau lima kita hitung, untuk putar Blok M, kalau headwaynya 10 menit hitungan tanpa macet, kita hanya butuh 14 bus," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Meski belum dipastikan kapan bus ini akan dioperasikan, namun Basuki menyatakan, bus ini akan dioperasikan gratis, sehingga mendorong pengendara motor untuk memilih angkutan umum masal.

Mengenai modelnya, pria yang akrab disapa Ahok ini menggambarkan modelnya, tentu yang bagus dan menyerupai bus enjoy Jakarta yang dimiliki Pemprov saat ini.

"Yang ngejreng. Yang model enjoy Jakarta, dong, Jakmania, gratis. Kita mau gratiskan. Itu juga akan mmbuat pengendara motor semua kita yakin akan melepaskan motornya. Naik, keliling," pungkasnya.
Sumber


Ahok: 1 Bus Tingkat Harganya Rp 2 Milyar

[imagetag]

inilah..com, Jakarta - Keinginan Pemprov DKI untuk menyediakan alat transporatasi gratis bagi warganya akan terealisasi.Bahkan 5 unit bus sudah ditenderkan, dengan anggaran Rp10 miliar rupiah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dana yang dikeluarkan bersumber dari APBD DKI. "Anggaran tahun ini sudah ada, Rp 2 miliyar 1 bus lebih murah dibanding TransJakarta Rp 4 miliyar. Jadi kalau 5 itu Rp 10 M," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Rencananya, lanjut Ahok, uji coba bus tingkat itu akan dilakukan bulan Oktober-November 2013 nanti.

Duakui mantan Bupati Belitung Timur itu, penyediaan bus tingkat untuk turis lebih disenangi daripada bus gandeng karena juga biaya operasional lebih murah ketimbang bus gandeng.

"Terus katanya flyover Semanggi tingginya 4,5 meter, bus itu 4,2 meter jadi masih pas. Makanya, datangin 5 dulu, coba dulu kita tes 5. Apa Blok M atau cuma muter Sudirman, nanti kita liat. Jadi rencana akhir tahun ini lagi tender. ayaknya sih BBG semua, karena Perda kita BBG," tutupnya.
Sumber

Ternyata bus tingkatnya gratis untuk menunjang pariwisata kota Jakarta. Dan masih memungkinkan untuk ditambah lagi armadanya di masa-masa yang akan datang.

Jadi ingat Jakarta tempo dulu [imagetag]


[imagetag]

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive