SITUS BERITA TERBARU

Wikipedia Bingung Definisikan Kasus Mesir

Saturday, July 20, 2013
[imagetag]
Screenshot

Pertikaian Mesir menyeruak hingga ke layar Wikipedia. Apa kata yang pas untuk menyebut kasus Mesir: pemberontakan atau kudeta?

Penggunaan kata 'kudeta' ternyata tak sesederhana mengucapkannya. Implikasi penggunaan kata ini sangat luas, termasuk menyangkut nasib bantuan yang digelontorkan Amerika Serikat ke negeri itu senilai US$ 1 miliar tiap tahun. Asal tahu saja, konstitusi AS melarang pemberian bantuan pada negara yang presidennya dikudeta.

Ini sebabnya, penggunaan kata kudeta dalam entri Wikipedia teranyar, yang berjudul asli "2013 Egyptian coup d'état" dipersoalkankan beberapa pihak. Beberapa Wikipediawan menyebut Mesir 'munafik' terkait hal ini. Menurut mereka, dalam kasus tahun 2011, saat Hosni Mubarak terguling oleh kekuatan rakyat, ldisebut revolusi. Namun untuk yang kedua pada tahun 2013, mereka sepakar menyebutnya sebuah "kudeta," mengingat bada intervensi militer untuk mewujudkan tuntutan populer untuk perubahan dalam politik kepemimpinan.

"Untuk menggambarkan peristiwa yang memungkinkan kenaikan Mursi ke kekuasaan sebagai 'revolusi' tetapi yang menyebabkan kejatuhannya disebut sebagai 'kudeta' jelas ini bias dan melanggar titik netral dalam memandang persoalan (neutral point of view/NPOV)," tulis seorang pengguna. "Sejumlah komentar oleh mereka yang membela penggunaan kata 'kudeta' dalam judul dan mencoba untuk menutup diskusi terus terang menyerang saya sebagai pembela Wiki."

Yang lain berpendapat bias itu tak hanya untuk menyebut penggulingan Mursi sebagai kudeta: melengserkan presiden dan menggantinya dengan yang baru walau bukan dari militer, menangguhkan konstitusi dan merebut kendali atas berbagai fasilitas negara, misalnya televisi pemerintah, adalah sesuai dengan definisi normal kudeta. "Media terpercaya menyebutnya kudeta. Mendepak presiden terpilih adalah kudeta, dan Wikipedia hanya memberi penamaan yang netral," catat kubu ini.

Kubu tengah dalam 'pertikaian' penyebutan kasus Mesir di Wikipedia meminta semua menahan diri hingga apa yang terjadi di Mesir terdefinisikan dengan jelas. "Politikus pro-kudeta selalu menyebutnya revolusi! Tapi saya pikir kita harus menunggu beberapa hari menunggu konsensus media, Google hits, dan seterusnya sebelum Kemudian kita memutuskan," tulisnya.

Namun hingga hari ini, Wikipedia masih menggunakan istilah "kudeta". Entri berjudul "2013 Egyptian Coup d'etat" masih bercokol, begitu juga entri dalam bahasa Arab berjudul "Kudeta 3 Juli 2013 di Mesir".

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive