SITUS BERITA TERBARU

Wah, Ternyata Polusi China Potong Kesempatan Hidup 5,5 Tahun!

Thursday, July 18, 2013
Sumber:Info Jual Beli Rumah


Kualitas udara di China Utara memang sudah sangat mengkhawatirkan. Para peneliti di Negeri Tirai Bambu tersebut baru-baru ini merilis sebuah hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa, 500 juta jiwa masyarakat China Utara akan kehilangan total 2,5 miliar tahun. Dengan kata lain, kesempatan hidup satu orang warga China Utara akan berkurang sebanyak 5,5 tahun.

Dilansir dari laman inhabitat.com, masyarakat China Utara selama ini memang mendapatkan fasilitas pemanas gratis yang menggunakan bahan bakar batu bara. Hal itu merupakan bagian dari kebijakan pemerintah beberapa dekade lalu bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sebelah utara Sungai Huai. Dampaknya, tingkat polusi di kawasan tersebut 55% lebih tinggi dibandingkan di tempat lain.

Peneliti dari Beijing, MIT (Massachusetts Institute of Technology), dan Israel menciptakan sebuah rumus terkait jumlah partikel tersuspensi (total suspended particles /TSP) yang dapat menunjukkan tingkat polusi dalam satu kubik udara. Michael Greenstone, Profesor Ekonomi MIT kepada The Guardian mengatakan, fungsi rumus ini untuk mengukur hubungan antara tingkat TSP dengan meningkatnya kasus penyakit kardiorespiratori.

Penelitian tersebut kemudian diaplikasikan untuk mengukur TSP di Beijing, dan hasilnya dalam penelitian selama 19 tahun mengungkapkan bahwa kesempatan hidup masyarakat yang bertempat tinggal di sebelah utara Sungai Huai berkurang 5,5 tahun, dan terlihat juga peningkatan angka kematian dalam kelahiran bayi.

Pada awal tahun ini, tingkat polusi di Beijing melonjak hingga 30% menurut data dari Lembaga Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Pemerintah setempat pun meresponnya dengan membuat kebijakan baru yaitu hukuman mati bagi siapapun yang telah menyebabkan polusi tingkat tinggi.

[imagetag]

Baca Juga Artikel Ini:

Florentia Village: Haah, Bergaya Italia, Buatan China!

Ini Dia, Bangun Gedung Konsumsi 40% Dunia

Tercemar, Sungai Beijing Tertutup Lumut Hijau

Serem Gan [imagetag], Hukuman Mati Buat Siapapun Yang Menyebabkan Polusi Tingkat Tinggi
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive