SITUS BERITA TERBARU

Salah Penyaluran BSM, Ada Indikasi ke Korupsi

Wednesday, July 10, 2013
Bandung - Asisten Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Barat, Naksha Laraswati mengemukakan, pihaknya telah mendapat beberapa laporan terkait dengan pemberian bantuan siswa miskin (BSM) ini. Karena itu, Ombudsman sudah menjadwalkan untuk melakukan konfirmasi dengan pihak sekolah maupun pihak kantor pos.

Dari laporan sementara selain indikasi adanya mal-administrasi juga ada indikasi mengarah ke tindak korupsi. Berdasarkan laporan, kejadian ini tidak hanya terjadi tahun ini namun pernah terjadi tahun sebelumnya.

"Kami perlu lakukan kajian lebih mendalam mengenai aturan dan bagaimana kebijakannya. Bagaimana bisa siswa SD tanpa pendampingan orangtua dapat menandatangani serah terima sejumlah uang yang mungkin mereka tidak mengerti. Kami coba untuk pelajari prosedur karena kami harus hati-hati benar," ujar Naksha.

Sebelumnya, Forum Orangtua Siswa (Fortusis) bersama sejumlah orangtua siswa dari SDN Cikutra, Kota Bandung melaporkan penyalahgunaan BSM ke ORI Jawa Barat. Pasalnya, beberapa siswa miskin yang seharusnya menerima BSM sebesar Rp360.000 hanya diberikan perlengkapan sekolah yang secara nominal harganya dibawah besaran BSM.

"Di SD Cikutra menjelang pembagian raport beberapa siswa di bawa guru ke kantor pos untuk menandatangani penerimaan uang dengan nominal Rp360.000. Siswanya tidak diberikan uangnya tapi ditawari barang," kata Ketua Fortusis, Dwi Soebawanto.

Kepala SDN Cikutra, Lilis Prihatini mengaku, dirinya telah mengakui kesalahan terkait pembagian Bantuan Siswa Miskin (BSM). Sebelumnya, orangtua siswa melapor ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Barat terkait pelanggaran penyaluran BSM di SDN Cikutra, Bandung.

"Saya akui saya telah melakukan kesalahan terkait pembagian BSM pada siswa, subsidi silang yang dilakukan pada enam SDN Cikutra. Kesalahannya sebenarnya cuma satu, yakni saya tidak melakukan sosialisasi," kata Lilis saat ditemui di kantornya, Jalan Cikutra Kota Bandung, Rabu (10/7)


SUMBER

PROYEK PENCITRAAN MR ICE-B-WHY [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive