SITUS BERITA TERBARU

Rusia Terkecil di Dunia Lahir di New York

Thursday, July 11, 2013
[imagetag]

[imagetag]


NEW YORK, AS�Seekor bayi rusa dari spesies rusa terkecil di dunia, lahir di Kebun Binatang Queens, di New York, AS.

Sang bayi rusa hanya berbobot setengah kilogram ketika lahir pada bulan lalu. Bayi rusa kecil ini masih menyusui, namun akan segera memasuki masa transisi untuk memakan daun segar, biji-bijian, dan kubis.

Rusa ini merupakan bagian dari spesies yang terancam punah yang disebut southern pudu, atau juga biasa dikenal sebagai kambing gunung Chili. Rusa ini merupakan hewan asli Chili dan Argentina.

Pudu biasanya akan menjerit ketika merasakan bahaya, selain itu mereka juga merupakan peloncat, pelari, dan pendaki yang baik. Meskipun kecil, pudu merupakan hewan yang cerdik, mereka biasanya berlari dengan pola zig-zag untuk menghindari kejaran para predator.

Pudu dewasa dapat tumbuh hingga mencapai bobot 14-30 kg dengan ketinggian 35-45 cm. Pudu memiliki bulu tebal berwarna coklat gelap, serta mata dan hidung berwarna hitam kecil. Pada pejantan dewasa akan tumbuh satu set tanduk tajam kecil, seukuran setengah pensil, dan akan terlepas setiap tahunnya.

Pudu dianggap sebagai spesies yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN.) Para ilmuwan dari Wildlife Conservation Society yang turut mengelola Kebun Binatang Queen, juga berupaya untuk membantu melestarikan habitat rusa asli Amerika Selatan ini.

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive