SITUS BERITA TERBARU

Rumania Akan Menghukum Para Pelaku Kejahatan di Era Komunis

Friday, July 12, 2013
[imagetag]

BUCHAREST�Penjaga penjara membantingkan pintu ke jari tahanan, menendang dengan sol sepatu boot mereka, dan membakar kulit para tahanan dengan rokok. Mereka menghidangkan daging busuk dan para narapidana dipaksa untuk makan kotoran sebagai hukuman. Dalam cuaca ekstrem panas dan dingin, mereka membuat para tahanan mengangkut beban berat hingga akhirnya roboh.

Setelah beberapa dekade mengalami penolakan, isu tentang penjaga penjara gulag Rumania yang kerap melakukan siksaan kejam terhadap tahanan politik di era komunis, kembali diangkat sebagai bagian dari langkah pertama menuju penuntutan mereka. Nama-nama dari 35 penjaga yang kini rata-rata telah berusia 80-90-an, akan diserahkan kepada pihak berwenang mulai minggu depan untuk kemungkinan penuntutan oleh instansi pemerintah yang bertugas melakukan penyelidikan terhadap kejahatan di era komunis.

Para pelaku kejahatan era komunis telah lama dilindungi oleh Dewan Pembentukan Rumania, yang sebagian besar terdiri dengan jajaran mantan anggota polisi rahasia Securitate. Namun, gerakan untuk mengekspos penjaga gulag Rumania memiliki suara yang kuat di Partai Liberal, yang kini telah menjadi bagian dari koalisi pemerintah. Anggota Partai Liberal sebagian besar telah menjadi korban kekejaman komunis setelah rezim itu berkuasa di Rumania pada 1946.

Dari 617.000 tahanan politik Rumania, 120.000 meninggal di gulag. Para tahanan meliputi politisi, pendeta, petani, penulis, diplomat, dan anak-anak berumur 11 tahun. Sebagian besar korban meninggal sebelum mendapat kesempatan untuk diadili.

Mereka yang masih hidup, sekitar 2.800 orang, kini telah melihat secercah harapan pada Lembaga Investigasi Kejahatan Komunisme dan Memori Pembuangan Orang Rumania yang mulai menyelidiki tuduhan terhadap 35 orang penjaga yang terdapat dalam daftar, serta berbagai kejahatan di era komunis lainnya.

Lembaga ini didirikan oleh Perdana Menteri Calin Popescu Tariceanu (dari Partai Liberal) pada 2006 silam.

Seperti negara-negara bekas Pakta Warsawa lainnya, Rumania memang telah menyingkirkan para pemimpin komunis yang bercokol di tingkat atas selama revolusi 1989, akan tetapi hanya segelintir dari mereka yang telah mendapat hukuman, selain mantan diktator komunis Nicolae Ceausescu dan istrinya, Elena, yang dieksekusi.

SUMBER BERITA

Quote:[imagetag]
Gambar yang menunjukkan berbagai adegan penyiksaan di penjara komunis, bersama dengan foto-foto para tahanan politik di Bucharest, Rumania, pada 18 April 2013.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive