SITUS BERITA TERBARU

penyerdehanaan mata uang ! (memangkas nilai mata uang 000)

Monday, July 15, 2013
1 Januari 2014, Perubahan Rp 1.000 Jadi Rp 1 Bakal Dimulai [imagetag]

JAKARTA, BCO - Pemerintah bersama DPR siap membahas mengenai Rancangan Undang-undang (RUU) Redenominasi. RUU yang bernama Perubahan Harga Rupiah tersebut bakal diselesaikan di tahun 2013 ini.
Dalam RUU Perubahan Harga Rupiah tersebut, tertuang waktu pelaksanaan proses penyederhanaan rupiah akan dimulai 1 Januari 2014.

"Jadi nanti jika telah disahkan menjadi Undang-undang redenominasi akan dimulai pada 1 Januari 2014," ungkap anggota Pansus Redenominasi Arif Budimanta, Senin 15 Juli 2013.

Namun Arif bakal menelisik lebih jauh RUU yang menurutnya tidak jelas tersebut. "Jadi lebih banyak isinya mengenai pelaksanaan, tata cara, tata waktu mengenai redenominasi. Menurut kami secara substansi dan momentum saja masih banyak rakyat yang belum paham," ungkapnya.

"Apalagi ini kita dihadapkan dengan suasana inflasi yang menjulang," imbuh Politisi PDIP ini.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri optimistis kebijakan redenominasi tidak akan sulit dipahami masyarakat awam termasuk yang berada di pedesaan.
Pasalnya, banyak masyarakat yang sudah mengenal mata uang asing.

Redenominasi merupakan penyederhanaan rupiah tanpa mengurangi nilainya. Intinya rupiah akan dihilangkan angka nol-nya. BI sendiri mengungkapkan 3 angka nol lebih tepat dihilangkan, jadi Rp 1.000 akan menjadi Rp 1 nanti dan Rp 1.000.000 akan jadi 1.000. (*)

Sumber: detik..com & www.beritacilegon.com

Menanti Rp 1 dengan Harap-harap Cemas

Petugas Bank Indonesia menunjukan uang kertas yang telah rusak di gedung BI Jakarta, beberapa waktu lalu. BI akan memangkas nilai uang dari Rp 1.000 menjadi Rp 1 dan diprediksi akan membuat goncangan psikologis masyarakat.

Foto..Finance.detik..com
Fotografer = pool

[imagetag]

Menurut ahli perencana keuangan Aidil Akbar kepada detikFinance beberapa waktu lalu menyatakan efek psikologis redenominasi yang justru paling berbahaya. (Foto: Bay Ismoyo/AFP).

http://images.detik..com/content/2011/12/10/461/isi-4-denominasi.jpg

Wow, Nantinya US$ 1 Hanya Rp 9

Petugas penukaran mata uang asing menghitung dollar AS di kawasan Kwitang, Jakarta (13/12). Bila upaya redenominasi sukses, harga beli US$ 1 hanya di kisaran Rp 9 saja. Perhitungan itu dengan asumsi kurs sekarang yakni US$ 1 sekitar Rp 9.000.

Perhitungan itu dengan asumsi kurs sekarang yakni US$ 1 sekitar Rp 9.000. Rengga Sencaya/detikcom.

Takut Terjadi Pro Kontra Redenominasi Rupiah

Pemerintah berencana melakukan penyederhanaan mata uang rupiah tanpa mengurangi nilainya atau redenominasi. Namun rencana membuang 000 alias tiga nol di belakang mata uang rupiah itu tetap menuai pro kontra.

Redenominasi adalah proses dimana suatu pemerintahan, dalam hal ini Indonesia membuang 000 alias tiga nol dibelakang mata uang rupiah kita dengan tujuan untuk menyederhanakan penulisan, pencatatan, transaksi dan penyebutan kedepannya, akan tetapi tidak mengurangi nilai dari transaksi tersebut, Rabu (14/12). Bayu Sulistyanto/detikcom.

SUMBER = detik..com & www.beritacilegon.com

Siap2 PSIKOLOGISNYA di GONCANG GAN

PUYENG2DEH AGAN/SISTA [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive