SITUS BERITA TERBARU

Pendaftaran Mudik Gratis Pesepeda Motor Dibuka

Tuesday, July 16, 2013
[imagetag]

Quote:Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran mudik gratis bagi pemotor mulai hari ini hingga 30 Juli mendatang. "Setiap hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00," kata Kepala Subbagian Humas Sekretariat Jenderal Perhubungan Darat, Zainal Arifin, saat ditemui Tempo di meja pendaftaran mudik gratis, Selasa, 15 Juli 2013.

Ada 12 kota tujuan mudik gratis itu, yaitu Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Solo, Purwokerto, Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya dan Cilacap. Ada 35 truk dan 70 bus yang dioperasikan untuk mudik gratis tersebut. Kementerian Perhubungan memperkirakan seluruh truk dapat mengangkut 1.800 motor.

Sementara itu, kata Zainal, sebanyak 70 bus itu rencananya akan mengangkut 3.600 penumpang. Zainal menjelaskan, sepeda motor yang diangkut tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas atau dibawa oleh pemilik, helm juga wajib dibawa sendiri pemiliknya. Selain itu, sepeda motor harus dilengkapi penyangga atau standar tengah, dan pegangan belakang. Roda sepeda motor harus sesuai spesifikasi pabrik dengan ukuran standar. Pemilik sepeda motor juga harus memastikan bahwa sepeda motornya tidak memiliki boks samping maupun belakang.

Salah satu hal yang penting, tangki bensin motor sewaktu diangkut harus dalam keadaan kosong atau kering. Di tempat tujuan, pemilik akan mendapat jatah bensin satu liter per motor. Selannjutnya, kunci motor diserahkan kepada petugas ekspedisi.

"Motor juga harus memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pemiliknya mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sah. Nama pemilik STNK maupun SIM harus sama," kata Zainal.

Penyerahan motor, pemberangkatan motor dengan motor, serta pemberangkatan penumpang dengan bus dilakukan di Depo E Klender PPD, Jalan Raya Bekasi Timur KM 17, Klender, Jakarta Timur. Untuk kota tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Solo dan Purwokerto, penyerahan sepeda motor dilakukan pada 1 Agustus mendatang. Pemberangkatan truk dan bus masing-masing dilaksanakan pada 2 Agustus dan 3 Agustus 2013. Sementara itu, serah terima motor dilakukan pada 4 Agustus 2013 di Dinas Perhubungan masing-masing kota.

Untuk kota tujuan Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya dan Cilacap, penyerahan motor dilakukan pada 3 Agustus dan truk diberangkatkan pada 4 Agustus 2013. Sedangkan bus diberangkatkan pada 5 Agustus 2013. Serah terima motor dilakukan pada 6 Agustus 2013 di Dinas Perhubungan setempat. Hingga saat ini, ada 12 pemilik motor yang mendaftar pada program mudik gratis tersebut.


sumber: TEMPO

tuh siapa yang mau ikutan mudik gratis para bikers? [imagetag] semoga saja tepat sasaran bagi mereka yang membutuhkan ya
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive