SITUS BERITA TERBARU

Pembalap Rally dan Formula 3 Indonesia Raih Podium Ke Tiga

Monday, July 29, 2013
Quote:


Quote:
Rifat Rebut Podium Tiga di New England Forest Rally

Liputan6.com, Newry : Pereli Indonesia, Rifat Sungkar dari Fastron World Rally Team dengan navigator Steve Lancaster, berhasil merebut podium tiga di seri 5 Reli Amerika, New England Forest Rally (NEFR). Rifat yang sehari sebelumnya masih berada di posisi 5, berhasil memperlihatkan perjuangan yang gigih, penuh kesabaran serta ketenangan, untuk naik 2 peringkat pada kejuaraan yang berakhir Sabtu (27/7/13) malam waktu setempat, atau Minggu pagi WIB.

Memulai perjuangan melawan 57 pereli dari berbagai negara di SS5 Sunday River Super Special, Rifat mencatatkan waktu 44 detik, dan bersama dengan dua pereli lainnya, Tingwu Song dan Steeve Hoobs, Rifat menduduki posisi ke 7. Tetapi di klasemen keseluruhan Rifat tetap bertahan di posisi 5.

[imagetag]

Dalam cuaca yang lebih berangin dengan matahari yang bersinar lebih terik dibandingkan dengan hari pertama, sejak SS6 Lost Weekend CW, Rifat mulai menempel ketat 3 pereli terdepan, yaitu Ken Block, David Higgins dan Antoine L�Estage. Di SS 6 ini, Rifat mencatatkan waktu 9 menit 4 detik dan berada di posisi ke 4. Di klasmen umum, Rifat berhasil naik 1 peringkat menjadi peringkat ke 4.

Rifat mempertahankan konsistensinya selama SS7 Hampshire Hills CCW sampai dengan SS10 Lost Weekend CCW, dimana para pereli melalui lintasan-lintasan yang berkarakter high speed. Rifat selalu berhasil menjadi pereli keempat tercepat di setiap Special Stage.

[imagetag]

Di SS11 Sturtevant Pond 2, Antoine L'Estage mengalami kerusakan mesin, sehingga tidak dapat melanjutkan lomba. Dengan demikian posisi Rifat di klasmen umum naik lagi menjadi posisi ke 3.

Ketegangan mulai terjadi di SS 12 Hampshire Hills South dan SS13 North Road . Pereli di posisi 4, David Sterckx terus membuntuti dan memberikan tekanan kepada Rifat. Pereli Fastron World Rally Team ini tidak diberikan sedikitpun ruang untuk melakukan kesalahan. Kesalahan sekecil apapun, maka posisi 3 akan dapat direbut oleh pesaingnya ini. Tetapi dengan pengalaman segudang di dunia reli, Rifat bisa merampungkan reli tanpa kesalahan dan mempertahankan posisinya.

[imagetag]


[imagetag]

[imagetag]


"Alhamdullilah, kami bisa naik podium tiga di New England Forest Rally 2013 ini. Terima kasih banyak untuk dukungan dan doa dari semua pihak. Sekali lagi kami membuktikan bahwa Indonesia memang Keren dan sebenarnya bangsa kita bisa bersaing di dunia, khususnya di cabang olah raga reli," kata Rifat.

Juara NEFR direbut pereli kawakan Amerika, Ken Block dengan catatan waktu 1 jam 34 menit 34,2 detik, diikuti oleh Juara Rally America 2012, David Higgins di tempat ke 2 dengan catatan waktu 1 jam 34 menit 40,7 detik.

Berikutnya, Rifat akan tampil di dua seri tersisa yaitu Ojibwe Forests Rally, 23-24 Agustus 2013 dan Lake Superior Performance Rally di tanggal 18-19 Oktober 2013.

[imagetag]

SUMBER

SUMBER PHOTO



Quote:
Sean Gelael Kibarkan Merah Putih di Belgia

Liputan6.com, Franchorchamps : Bendera Merah Putih berkibar di podium sirkuit terkenal Spa-Francorchamps di Belgia, ketika Sean Gelael secara fantastis menaiki podium ketiga pada Kejuaraan Formula 3 Internasional Inggris, Minggu (28/7/13) waktu setempat.

Pebalap berusia 16 tahun itu menunjukkan kepiawaiannya di lintasan basah pada perlombaan (race) pertama, sampai akhirnya naik podium ketiga pada lomba Jumat.Sedangkan pada putaran pertama di Silverstone, ia naik podium tiga sampai dua kali.

[imagetag]

Dengan naiknya pembalap Double R Racing ini, maka ia kini menempati urutan keempat klasemen umum sementara. Perlombaan F3 Inggris masih berlangsung dua putaran lagi.

Sepanjang musim 2013, Sean dengan ajeg mengikuti 10 putaran perlombaan Kejuaraan FIA F3 Eropa, diselingi empat putaran F3 Internasional Inggris, kemudian Kejuaraan Master F3 dan satu lagi pada ajang F3 Macau akhir tahun ini.

[imagetag]

Hal menakjubkan terjadi ketika Sean dalam kecepatan tinggi bersentuhan dengan pebalap dari Kanada, Nicholas Latifi, dan Jann Mardenborough dari Inggris, dalam perebutan posisi ketiga di tikungan Eau Rouge, menyebabkan Mardenborough terguling sedangkan Latifi terhempas di batas pengaman di sisi lintasan.

Ini menyebabkan Sean menyodok ke urutan ketiga dan mempertahankannya hingga akhir perlombaan dan ia menorehkan catatan tercepat ketiga pada putaran lomba itu."Ini merupakan lomba pertama saya dalam kondisi hujan di sini," kata Sean dalam surat elektronik kepada media, Sabtu (27/7/13).

[imagetag]


[imagetag]


"Dalam kondisi basah itu saya berhasil melaju lebih cepat dibanding Nicholas dan Jann. Tetapi amat sukar melewati mereka, karena keduanya berpengalaman melaju dengan seting `down-force` lebih rendah, jadi di lintasan lurus mereka seperti kilat," tambahnya.

Akhirnya kecelakaan tidak dapat dihindari. "Amat mengerikan dan saya berteriak, oh kawan!"

Dia mengaku mengawali lomba dengan baik, sehingga mampu mempertahankan posisinya. "Kami bertiga bersenggolan di tikungan pertama di tengah hujan. Saya tetap mempertahankan laju dan berhasil," kata juara dua Formula Pilota China 2012 itu.

Pada perlombaan (race) kedua, keesokan harinya, Sean berhasil menempatkan diri di urutan kelima setelah melaju dari posisi grid keenam. Ia melaju dengan konsisten dalam adu cepat di lintasan basah itu, ketika semua pebalap berjuang keras mempertahankan laju kendaraan pada lajur mereka.

Pada perlombaan (race) ketiga lintasan masih basah. Sean menyodok ke urutan keenam pada putatan (lap) kedua dan kemudian berjuang keras mempertahankan posisi ketiga ketika ia melaju di bagian depan bersama Latifi, pebalap Inggris Jordan King dan Felipe Guimaraes dari Brazil.

SUMBER

SUMBER PHOTO


Quote:[imagetag] [imagetag] [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive