SITUS BERITA TERBARU

Menang 79-0, Klub di Nigeria Dibekukan

Wednesday, July 10, 2013
SUMBER

RABU, 10 JULI 2013 | 11:45 WIB
Menang 79-0, Klub di Nigeria Dibekukan


TEMPO.CO, Lagos - Klub Nigeria, Plateau United Feeders dan Police Machine FC, membutuhkan kemenangan besar untuk bisa lolos ke Divisi 3 Liga Nasional, kasta sepakbola terendah di negara itu. Dua klub itu mewujudkannya dengan skor yang membuat orang terbengong: Plateau United membenamkan Akurba FC 79-0 dan Police Machine menghancurkan Babayaro FC 67-0, Senin lalu.

Hitung-hitungannya, satu gol tercipta dalam satu menit. Kenyataannya lebih aneh lagi. Plateau United mengakhiri babak pertama dengan skor 9-0. Di babak kedua, mereka menggila dan mencetak gol saban 40 detik. Terus-menerus selama 45 menit.

Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) tidak menolak hasil pertandingan tersebut. "Ini skandal besar," kata Wakil Presiden NFF Mike Umeh kepada harian Nigeria, The Nation, Rabu, 10 Juli 2013. "Kejadian yang sangat memalukan ini belum pernah terjadi di Nigeria."

Federasi, Umeh melanjutkan, membekukan empat klub yang terlibat. "Kami akan menginvestigasi kejadian ini," katanya.

Direktur Kompetisi NFF Mohammed Sanusi mengatakan akan menjatuhkan sanksi berat pada setiap orang dan institusi yang terbukti mengatur hasil pertandingan ini. Ancaman itu tertuju pada pemain, pengurus klub, dan panitia pertandingan.

Juru Bicara NFF Ademola Olajire yakin ada main mata antarklub tersebut. "Namun kami belum tahu apakah juga melibatkan uang," katanya.

THE NATION | ABC NEWS | REZA MAULANA


Ajegile, ini main bola beneran apa main-main, masak 40 detik sekali kemasukan go [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive