SITUS BERITA TERBARU

Mau Tahu Arti Logo Google Hari Ini?

Monday, July 15, 2013
Melalui tampilan doodle di halaman muka mesin pencarinya, Google hari ini merayakan HUT ke-407 maestro lukis dunia asal Belanda, Rembrandt.

Nama seniman ini tentunya tidak asing lagi bagi Anda para pecinta seni dan penikmat lukisan. Rembrandt adalah salah satu maestro lukis terbesar sepanjang sejarah dunia seni.

Kontribusinya dalam dunia seni berada dalam masa banyak kekayaan besar dan prestasi budaya yang disebut sebagai Golden Dutch Golden Age. Walaupun dalam banyak hal karyanya bertentangan dengan gaya Baroque yang mendominasi Eropa saat itu, Rembrandt tetap sangat produktif dan inovatif.

Rembrant lahir di Leiden, Belanda, 15 Juli 1606, dengan nama lengkap Rembrandt Harmenszoon van Rijn. Di masa kecilnya Rembrant tergolong anak cerdas, sehingga di usia 14 tahun, ia berhasil masuk menjadi mahasiswa di Universitas Leiden.

Karena merasa tidak betah, Rembrandt lalu meninggalkan bangku kuliah dan mengejar karir sebagai seorang seniman. Ia kemudian berangkat ke Amsterdam dan menjadi murid dari pelukis terkenal saat itu Jacob van Swanenburg dan Pieter Lastman.

Enam bulan kemudian, ia telah menguasai semua yang diajarkan dan kembali ke Leiden untuk memproklamirkan diri sebagai pelukis independen.

Lukisan pertama The Stoning of Saint Stephen ia buat pada 1625 saat berusia 19. Namun, karya besar pertamanya yang dapat dinikmati publik adalah lukisan The Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp yang ia selesaikan pada 1632.

Lukisan ini menggambarkan para tokoh Serikat Dokter Bedah yang tengah berkumpul. Rembrandt menyusun mereka (tokoh-tokoh pada lukisannya itu) dalam bentuk piramida, sehingga menciptakan keseimbangan alamiah.

Rembrandt menikah dengan seorang wanita bernama Saskia van Uylenburg pada 1634. Meskipun hidup sejahtera, keluarganya menghadapi cobaan. Tiga anaknya meninggal saat lahir. Hanya anak keempat, Titus yang lahir 1641, yang bisa hidup hingga dewasa. Saskia meninggal 1642, sesaat setelah kelahiran Titus, kemungkinan akibat TBC.

Tak lama dari kematian Saskia, Rembrandt kemudian menikah lagi dengan Hendrickje Stoffels, yang sebelumnya bekerja sebagai pelayan rumah tangga Rembrandt. Pada 1654 mereka mendapat anak perempuan bernama Cornelia.

Gaya hidup Rembrandt terbilang boros, termasuk dengan membeli banyak karya seni, khususnya cetakan. Karya seni ini kebanyakan ia gunakan sebagai referensi lukisannya. Ia juga membeli banyak barang antik, yang kemungkinan besar menjadi alasan kebangkrutannya pada 1656. Ia terpaksa menjual rumah dan pindah ke rumah lebih sederhana di Rozengracht.

Sang Maestro akhirnya wafat karena sakit yang ia derita pada 4 Oktober 1669. Sepanjang hayatnya, Rembrandt menciptakan lebih dari 600 lukisan, dan sekitar 60 buah di antaranya adalah lukisan potret.(sumber)



Ntar skali2 taruk foto om BEYE juga ya Pak google,,, [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive