SITUS BERITA TERBARU

(mantap) 243 Hakim 'Nakal' ada di Jakarta

Saturday, July 6, 2013
Quote:
PARA hakim 'Nakal" diketahui banyak berada di Jakarta. Hal tersebut diketahui berdasarkan laporan masyarakat ke Komisi Yudisial (KY) terkait perilaku hakim yang terindikasi melakukan pelanggaran kode etik kehakiman.

"Laporan terbanyak berdasarkan lokasi adalah Jakarta, sebanyak 243," kata Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar, di Jakarta, Jumat (5/5).

Lokasi kedua dan seterusnya berturut-turut ditempati oleh Jawa Timur sebanyak 121 pengaduan, Sumatera Utara sebanyak 98, Jawa Barat sebanyak 85, dan Jawa Tengah sebanyak 68 laporan.

"Sementara laporan terbanyak berdasarkan jenis perkara adalah hakim yang menangani kasus perdata sebanyak 394, pidana 281, TUN 63, tipikor 34, dan agama 25," ujar Asep.

Dari laporan dan pengaduan yang diterima KY, sudah sebanyak 119 hakim yang telah menjalani proses pemeriksaan beserta 130 lainnya. "Sanksi yang telah direkomendasikan ke MA berdasarkan jumlah laporan adalah 22, tapi apabila berdasarkan jumlah hakim adalah 44 orang, terdiri dari 38 sanksi ringan, satu sanksi sedang, dan lima sanksi berat," kata Asep.

Sementara itu, berdasarkan tingkat pengadilan, sanksi yang diberikan kepada hakim Pengadilan Negeri sebanyak 30, Pengadilan Tinggi empat, Pengadilan Agama empat, Pengadilan Niaga tiga, Mahkamah Agung tiga. "Prinsip kode etik yang paling banyak dilanggar," ujar Asep.


Quote:
sumber



Hakimnya Udah disumpah tetap saja nakal.
Disumpah jangan dari belakang ..gimana kalau dari depan?.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive