SITUS BERITA TERBARU

Layanan BlackBerry Messenger "Ngadat"

Wednesday, July 3, 2013
JAKARTA, KOMPAS.com � Layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) dilaporkan sedang bermasalah. Beberapa pengguna mengeluhkan gangguan mulai Rabu (3/7/2013) pagi. Penyebab gangguan belum diketahui pasti.

Sekitar pukul 11.00 WIB, pengguna BBM yang berlokasi di Jakarta dan sekitar mulai mengeluhkan gangguan yang dialami melalui lini masa Twitter. Berselancar di dunia maya menggunakan perangkat BlackBerry pun tidak bisa dilakukan.

"Ini perasaan aja atau gimana ya, BBM-nya lagi pending banget," tulis salah satu pengguna.

Operator seluler XL melalui akun Twitter-nya @XLCare pun telah mengonfirmasi masalah ini. "Saat ini pihak BlackBerry menginfokan sedang terjadi incident yang menyebabkan kendala pada browsing & aplikasi social media khusus pengguna BlackBerry," tulis akun tersebut.

Hal serupa dilakukan operator Axis melalui akun Twitter, @ask_AXIS, dengan pesan: "Temans, maaf ya apabila BBM, browsing, dan akses social media-mu dari Blackberry berkendala".

Informasi tersebut dipertegas oleh Head of Corporate Communications Axis, Anita Avianty. Menurutnya, pihak Axis sudah menerima notifikasi dari BlackBerry tentang adanya gangguan pada browsing dan BBM.

"Tapi gangguan ini hanya terjadi pada pelanggan yang memakai ponsel BlackBerry OS. Pengguna BlackBerry 10 tidak mengalami gangguan," ungkap Anita.

Namun, tampaknya gangguan ini hanya terjadi di beberapa operator tertentu saja. Saat KompasTekno mencoba layanan operator Telkomsel, BBM tetap dapat berjalan seperti biasa.

Ketika dihubungi, Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia, mengaku belum mengetahui adanya gangguan ini.

"Hari ini tidak ada masalah. Biasanya kalau ada masalah, tim digital kita akan kasih informasi. Tapi hari ini tidak terjadi apa-apa, nanti coba saya cek lagi," kata Yolanda.

Peristiwa gangguan pada layanan BBM ini bukan kali pertama terjadi di tahun 2013. Mei lalu, layanan BBM sempat terganggu. (Baca: Layanan BlackBerry Messenger Tumbang)

Sementara itu, pada 2012 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di Indonesia.

Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan e-mail BlackBerry di akhir Maret 2012. Kemudian pada 15 Agustus 2012, layanan e-mail BlackBerry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan instan BlackBerry Messenger yang terganggu pada 2 Oktober 2012.

Editor: Reza Wahyud

Sumber : Kompas
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive