SITUS BERITA TERBARU

Khofifah Gagal Bertarung di Pemilihan Gubernur Jatim, Dicoret KPU

Wednesday, July 17, 2013

Surabaya - Setelah berlarut-larut, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memutuskan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) gugur pada proses pencalonan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013.

Dalam rapat pleno, kelima komisioner KPU Jatim memutuskan nasib pasangan Khofifah-Herman dengan cara voting atau pemungutan suara terbanyak.

Dari hasil voting hanya 1 komisioner berpendapat dukungan Khofifah-Herman memenuhi syarat, sedangkan 3 lainnya menilai pasangan Khofifah-Herman tidak memenuhi syarat.Pencalonan Khofifah ini sempat dihadang dengan adanya dukungan ganda dari
parpol pengusung.

Satu komisioner lagi berpendapat bahwa dukungan Partai Kedaulatan (PK) yang mendukung pasangan Khofifah-Herman memenuhi syarat, sebaliknya dukungan ke Soekarwo-Saifullah Yusuflah yang tidak memenuhi syarat. Demikian pula dukungan PPNUI untuk Khofifah dianggap tidak memenuhi syarat, karena yang dianggap sah dukungan ke KarSa.

"Dalam rapat pleno pengambilan dengan voting tertutup," ujar Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad di ruang rapat lantai 2, kantor KPU Jatim, Jalan Raya Tenggilis Surabaya, Senin (15/7/2013). Keputusan yang menggugurkan pencalonan Khofifah tersebut diambil pada Minggu (14/7/2013) pukul 23.55 wib.

Setelah ada putusan itu, pendukung Khofifah yang sejak siang menggelar aksi dan pengajian di depan gedung KPU di Jalan Tenggilis akhirnya membubarkan diri.

Dengan gugurnya Khofifah, maka hanya tiga pasangan yang melaju ke babak selanjurnya. Mereka adalah Bambang DH-Said Abdullah (PDIP), Eggi Sudjana-Sihat (independen) dan Soekarwo-Saifullah Yusuf yang didukung Partai Demokrat, PAN, Partai
Golkar, PKS serta partai lainnya.

Sumber

Kalau wasitnya saja tidak fair, maka sulit Pilgub di Jawa Timur ini bisa berjalan dengan jujur dan adil

"Demi 3m apapun bisa di lakukan"
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive