SITUS BERITA TERBARU

Kasus Century, KPK Targetkan Selesai Tahun Ini

Friday, July 19, 2013
Kasus Century, KPK Targetkan Selesai Tahun Ini

[imagetag]

Quote:Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengatakan, lembaganya menargetkan akan menyelesaikan kasus dugaan korupsi bailout Bank Century pada tahun ini. Wakil Ketua KPK berharap kasus tersebut bisa disidangkan sebelum 2014. "Kita berharap kasus ini bisa segera terselesaikan dan pada sebelum tahun 2014 bisa membawa tersangka ke pengadilan," ujar Bambang dalam diskusi media di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2013.

Bambang mengatakan, percepatan pemeriksaan kasus Century terus dilakukan. Menurutnya, pascapenggeledahan di kantor Bank Indonesia beberapa waktu lalu, KPK telah memeriksa pejabat-pejabat BI secara intensif, mulai dari mantan deputi gubernur BI hingga pejabat di bawahnya. "Beberapa deputi sudah secara intensif diperiksa. Kemudian beberapa sub direktorat juga dilakukan pemeriksaan intensif oleh penyidik," ujar Bambang.

Sebelumnya KPK sudah memeriksa 38 saksi yang terkait penyidikan kasus Century. Saksi ini ada yang berada di luar negeri maupun di dalam negeri. Saksi yang diperiksa di luar negeri, di antaranya, mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan mantan Direktur Direktorat Pengaturan Perbankan Bank Indonesia Wimboh Santoso. Sedangkan sejumlah saksi yang diperiksa di Gedung KPK, antara lain, Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Raden Pardede, Direktur Bidang Stabilitas Sistem Keuangan Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan (DPNP) Bank Indonesia Filianingsih Hendarta, serta mantan pejabat BI lainnya.

KPK telah menetapkan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) nonaktif Budi Mulya sebagai tersangka. Dia diduga melakukan penyalahgunaan wewenang secara bersama-sama dalam pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) kepada Bank Century dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Perbuatan itu diduga dilakukan Budi saat masih menjadi deputi bidang IV pengelolaan devisa Bank Indonesia.

SUMBER


ayo di selesaikan secepat nya pak!!
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive