SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Makin Jauh Ungguli Prabowo, Gerindra: Itu Baru Wacana

Tuesday, July 16, 2013
Jakarta - Elektabilitas capres Gerindra Prabowo Subianto kalah lagi melawan Joko Widodo (Jokowi). Partai Gerindra tak risau, melihat dinamika tangga survei hanya sekadar wacana.

"Ya seperti biasa, kami melihat survei sebagai indikator saja. Kalau sekarang ini semua masih wacana," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, kepada detikcom, Selasa (16/7/2013).

Setidaknya di telesurvei yang digelar oleh Indonesia Research Centre (IRC), elektabilitas Jokowi kembali mengungguli Prabowo. Jokowi semakin jauh mengungguli Prabowo dengan raihan 32% suara.

Populasi survei adalah pemilik telepon di 11 kota besar di Indonesia (Bandung, Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, Medan, Palembang, Lampung, Semarang, Samarinda dan Tangerang). Survei dilaksanakan pada tanggal 8 - 11 Juli 2013 dengan jumlah sampel sejumlah 794 responden yang dipilih secara acak dari buku telepon residensial terbaru terbitan Telkom. Margin of error survei tersebut diperkirakan 3,48% pada tingkat kepercayaan 95%.

Fadli menuturkan, situasi politik masih sangat dinamis. Pada akhirnya kekuatan capres akan diuji di Pilpres yang sesungguhnya.

"Pada ujungnya setelah pemilu legislatif menentukan konfigurasi sesungguhnya," tegasnya.

Jokowi terus memuncaki survei capres. Jokowi yang sampai saat ini selalu mengelak jika ditanya peluang nyapres di 2014 malah semakin tenar dan meninggalkan capres 'veteran' lainnya di tangga survei.

"Sebagian besar publik memilih Jokowi (32 persen) sebagai presiden. Setelah Jokowi ada Prabowo (8,2 persen), Wiranto (6,8 persen), Megawati (6,1 persen) yang dipilih sebagai presiden. Sementara Aburizal Bakrie yang secara resmi dikandidatkan oleh Golkar hanya dipilih oleh 3,3 persen masyarakat," kata peneliti IRC Agus Sudibyo dalam pernyataanya, Senin (15/7/2013) malam.

Sumber : http://news.detik..com/read/2013/07/...wacana?9911012
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive