SITUS BERITA TERBARU

Inilah Video Reka Ulang Kecelakaan Pesawat Asiana

Saturday, July 20, 2013

Inilah Video Reka Ulang Kecelakaan Pesawat Asiana


[imagetag]


KOMPAS.com - Sabtu siang, 6 Juli 2013, pesawat Boeing 777 dengan nomer penerbangan 214 milik Asiana Airlines mendekati landasan San Francisco, AS, untuk mendarat. Sekilas tak ada yang aneh menjelang detik-detik akhir pendaratan, tapi pesawat itu kemudian terbanting ke tanah dan mulai terseret.
Tiga orang penumpang kehilangan nyawa dalam kejadian ini, sementara ratusan lainnya dilaporkan harus dirawat di rumah sakit.

Apa yang salah dengan proses mendaratnya pesawat nahas tersebut? Hal itulah yang coba dijawab oleh Eyewitness Animations , lembaga animasi forensik yang memiliki spesialisasi reka ulang kecelakaan pesawat terbang.

Eyewitness Animations membuat animasi yang menggambarkan pendaratan Boeing 777 Asiana Airlines. Dalam video yang beredar lewat YouTube itu, disertakan pula pembanding berupa pesawat lain yang melakukan prosedur pendaratan dengan benar.

Rekonstruksi Eyewitness Animations memperlihatkan pesawat Asiana Airlines terlalu cepat mengurangi ketinggian dan mendekati bumi. Menjelang detik-detik terakhir, pesawat mengangkat hidung dan bagian ekornya lebih dulu menyentuh tanah sehingga patah.

Pesawat kemudian terseret serta sempat terangkat dan berputar sebelum akhirnya berhenti di luar landasan. Visualisasi reka ulang tersebut terlihat mirip dengan video jatuhnya pesawat yang sebelumnya sempat direkam seseorang yang kebetulan berada di sekitar lokasi kecelakaan. Simak animasi selengkapnya di bawah ini.

[imagetag]


sumber

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive