SITUS BERITA TERBARU

Ini tokoh yang diunggulkan dalam konvensi Demokrat

Wednesday, July 17, 2013
Ini 3 Tokoh yang Diunggulkan pada Konvensi Demokrat
Quote:JAKARTA, KOMPAS.com � Tiga tokoh nasional diperkirakan meraih elektabilitas tinggi jika mengikuti konvensi Partai Demokrat. Ketiganya adalah Wakil Presiden RI 2004-2009 M Jusuf Kalla dengan 21,2 persen, Menteri BUMN Dahlan Iskan dengan 18,2 persen, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dengan 14,3 persen.

Hal itu berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dilakukan pada 1-10 Mei 2013 di 33 provinsi seluruh Indonesia. Survei ini melibatkan 1.230 responden.

"Pak JK, Dahlan, dan Mahfud berpeluang menjadi pemenang jika mengikuti konvensi Partai Demokrat, dan publik dilibatkan dalam penentuan pemenang konvensi," ujar peneliti LSN Gema Nusantara di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Hasil survei dilengkapi dengan riset kualitatif berupa analisis media di sejumlah surat kabar. Survei ini memiliki margin of error 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pertanyaan yang diajukan pada responden yaitu "Jika konvensi Partai Demokrat diikuti oleh tokoh-tokoh berikut ini, dan Anda diberi kesempatan memilih, siapakah yang akan Anda pilih?"

Setelah tiga tokoh dari eksternal partai, posisi keempat ditempati Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, 7,1 persen. Kemudian berturut-turut, ada Marzuki Alie dengan 4,3 persen, Gita Wirjawan dengan 3,2 persen, Sri Mulyani Indrawati dengan 3,1 persen, dan Pramono Edhie Wibowo dengan 1,9 persen.

Selain itu, ada pula Soekarwo dengan 1,7 persen, Jero Wacik dengan 1,4 persen, Djoko Suyanto dengan 1,1 persen, Irman Gusman dengan 0,9 persen, Syarief Hasan 0,7 persen, dan Hayono Isman dengan 0,7 persen.

Adapun jumlah responden yang tidak menentukan pilihan mencapai 20,2 persen. Peneliti LSN, Dipa Pradipta, menjelaskan, tiga tokoh tersebut cukup populer di masyarakat. Selain itu, survei tersebut menunjukkan bahwa tak ada tokoh internal Partai Demokrat lainnya yang masuk dalam tiga besar akibat krisis di partai pemerintah tersebut.

Jusuf Kalla yang dikenal sebagai politisi senior Partai Golkar dianggap tak memiliki peluang nyapres di partai berlambang pohon beringin itu. Pasalnya, Partai Golkar telah menentukan, Ketua Umumnya, Aburizal Bakrie atau Ical, sebagai bakal calon presiden 2014.

"Hal itu menutup peluang Pak JK. Maka peluang yang tertutup dari Partai Golkar bisa dimanfaatkan JK untuk menawarkan diri mengikuti Partai Demokrat," kata Dipa.

sumber

Syarief Hasan: 4 Capres Peserta Konvensi Sama Kuat
Quote:JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan menunjuk empat tokoh yang diharapkan bersedia untuk mengikuti konvensi yang digelar partainya.

Mereka ialah ipar SBY yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Pramono Edhie Wibowo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Ketua DPD RI Irman Gusman, dan mantan juru bicara presiden yang kini menjadi duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Dino Patti Djalal.

Menanggapi hal itu, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menjelaskan, keempat tokoh itu memiliki peluang yang sama.

"Kans mereka saja tidak ada yang lebih besar," kata Syarief saat menghadiri Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Syarif yang juga merupakan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengatakan, konvensi calon presiden Partai Demokrat adalah pilihan rakyat. Selain ke empat tokoh nasional tersebut, masih ada sejumlah nama yang akan ikut.

"Konvensi kan berdasarkan keinginan rakyat. Masih ada banyak lagi yang akan ikut," jelasnya. (put)

sumber

Harapan ane konvensi ini terbuka untuk semua pihak.
dan semoga tokoh-tokoh seperti Mahfud MD, Sri Mulyani, diundang untuk ikut konvensi.
Jangan ada pembatasan kesempatan.
Jika pada akhirnya tokoh seperti Mahfud MD atau Sri Mulyani gak ikut atau gak diundang, lebih baik gak usah adakan konvensi.[imagetag]
Jika pada akhirnya yg menang konvensi Pramono Edhie, Ani Yudhoyono, Marzuki Alie, atau anggota partai lainnya yg mencalonkan diri, atau keluarga SBY , maka kesimpulannya tenggelamkan Demokrat di 2014.[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive