SITUS BERITA TERBARU

Hampir Seluruh Penyaluran BLSM di Aceh Bermasalah

Monday, July 1, 2013
BANDA ACEH - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh mengaku mekanisme Penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di seluruh Aceh, tidak tepat sasaran atau bermaslah. Hal ini berdasarkan laporan yang diterima GeRAK dua hari terakhir dari masyarakat, dimana banyak warga yang mengeluh karena tidak menerima BLSM tersebut yang seharusnya menerima.

"Selama kami buka posko terkait pengaduan BLSM, sudah sekitar 80 orang melaporkan keluhannya, yang tersebar dari seluruh wilayah seluruh Aceh. Kemungkinan laporan BSLM bermasalah ini akan terus bertambah," kata kepala Divisi Advokasi Kebijakan Publik GeRAK Aceh Isra Safril kepada acehonline.info, Senin (01/07), di Banda Aceh.

Pemasalahan BSLM tersebut, kata Isra, disebabkan data yang digunakan pemerintah masih menggunakan data lama, yang belum diverifikasi. Sehingga menyebabkan proses penyaluran dana BLSM tidak tepat sasaran.

"Seharusnya pemerintah menggunakan data tahun 2012 paling minimalnya. Karena data yang digunakan pemerintah saat ini, merupakan data pada tahun 2011 yang banyak sudah mengalami perubahan, sehingga banyak penerima BLSM itu dari kalangan yang memang tidak layak menerima," ujarnya.

Selama ini, Isra menambahkan, penyaluran bantuan yang disalurkan kerap mengalami kesalahan, terutama di pendataan, sehingga menyebabkab bantuan tersebut tidak tepat sasaran.

"Dari laporan yang kami terima memang permasalahannya di pendataan. Banyak dana BLSM diterima orang kaya, PNS, bahkan ada orang yang sudah meninggal, seharusnya dana tersebut diterima oleh masyarakat kurang mampu, namun nyatanya tidak," imbuhnya.

Seharusnya, Isra juga menambahkan, pemerintah harus memiliki data yang konkrit serta merencanakan teknis yang jelas dalam menyalurkan Dana BLSM tersebut.

"Inilah yang menjadi sumber masalah. Keseriusan pemerintah belum terlihat maksimal sejauh ini, mulai dari pendataan hingga penyalurannya. Seharusnya pemerintah harus menyikapi persoalan ini, agar semua penyaluran dana tersebut tepat sasaran," ujar Isra.(sumber)

Terlalu dipaksakan,,, Ya gini jadinya,,,, [imagetag][imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive