SITUS BERITA TERBARU

Gempa 6,2 SR Guncang Aceh, 5 Warga Terluka dan 10 Rumah Rusak

Wednesday, July 3, 2013
Quote:[imagetag]
Liputan6.com, Jakarta : Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter yang mengguncang wilayah Aceh menyebabkan 5 orang terluka. Mereka dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Selain itu, 10 rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh masih melakukan pendataan. Posko BNPB masih terus memantau perkembangan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho di Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Menurut Sutopo, goncangan gempa ini dirasakan selama 15 detik oleh masyarakat di Kabupaten Benermeriah hingga Banda Aceh. "Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah," ujar Sutopo.

Gempa itu terjadi sekitar pukul 14.37 WIB. Pusat gempa berada di daratan, pada 35 kilometer barat daya Kabupaten Benermeriah atau 43 kilometer tenggara Kabupaten Bireuen, atau 50 kilometer barat laut Kabupaten Aceh Tengah. Gempa bersumber pada kedalaman 10 kilometer. (Eks/Mut)

Liputan 6
Gempa Susulan Masih Terjadi, Warga Aceh Diminta Waspada
Quote:[imagetag]
Liputan6.com, Jakarta : Gempa masih mengguncang Aceh, Selasa (2/7/2013). Pascagempa berkekuatan berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) dan 5,5 SR, Aceh kembali diguncang gempa susulan berkekuatan 5,3 SR sekitar 22:36 WIB.

Pantauan Liputan6.com dari situs Badan Meteorologi Kilimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (2/7/2013), pusat gempa terjadi di 26 kilometer Barat Daya Kabupaten Bener Meriah, dengan kedalaman 10 kilometer.

Melalui keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan gempa susulan pertama dan kedua terjadi di daratan. Namun, tidak menimbulkan tsunami. Mekanismenya sama dengan gempa sebelumnya yaitu sesar geser menganan.

"Bagian Timur dari sumber gempa bergerak ke tenggara dan bagian baratnya bergerak ke barat laut. Sumber gempa berasal dari sesar aktif di daratan pada segmen Aceh dari sesar Sumatera," jelas Sutopo.

Ia menambahkan adanya gempa susulan tersebut sangat dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Masyarakat takut masuk ke dalam rumah dan memilih berada di luar rumah. Masyarakat yang rumahnya roboh menempati beberapa titik pengungsian.

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan waspada," imbuh Sutopo.

Sementara itu, jumlah korban akibat gempa bertambah. 5 Warga meninggal dunia, 2 orang dinyatakan hilang akibat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) sekitar pukul 14.37 WIB, tadi siang. Selain korban tewas, 70 orang terluka dan puluhan rumah mengalami rusak berat. (Adi)

Liputan 6
Aceh Gempa 6,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami
Quote:[imagetag]
Liputan6.com, Jakarta : Aceh digoyang gempa berkekuatan 6,2 skala Richter, Selasa (2/7/2013). Namun, Badan Meterologi Klimtaologi dan Geofisika (BMKG) tak menetapkan gempa ini berpotensi terjadinya tsunami.

Gempa itu terjadi pada pukul 14.37 WIB. Kedalam gempa cukup dangkal yakni 10 km.

Lokasi gempa berada di 4,70 Lintang Utara dan 96,61 Bujur Timur. Tepatnya, ada di 35 km Barat Daya Kabupaten Benermeriah, Naggroe Aceh Darussalam.

Meski gempa tergolong besar, namun BMKG belum menetapkan status waspada tsunami. Warga tetap diimbau untuk berhati-hati akan adanya gempa susulan. (Mut)

Liputan 6
Quote:Inalilahi Wainailahi Rojiun
Semoga sodara² kita di Aceh dikuatkan oleh Allah dalam mengahadapi coba'an.
Al Fatihah, sent[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive