SITUS BERITA TERBARU

Dwelling Time Lama, Pelindo Salahkan Bea Cukai

Tuesday, July 9, 2013
Dwelling Time Lama, Pelindo Salahkan Bea Cukai

[imagetag]

Quote:Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino menyatakan, tak hanya kebandelan pengusaha dalam menimbun barang yang membuat dwelling time Pelabuhan Tanjung Priok jadi lama. Bea cukai juga dinilainya punya andil besar.

Saat ini, dwelling time secara keseluruhan di Pelabuhan Tanjung Priok bisa mencapai hampir 9 hari. "Proses di bea cukai saja rata-rata 4,8 hari," kata Lino, Selasa 9 Juli 2013.

Belum lagi, menurut Lino, jumlah barang yang masuk `jalur merah` di Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 25 persen atau lima kali lebih banyak dibanding rata-rata pelabuhan di dunia. "Ini kalau dikurangi pasti besar pengaruhnya ke dwelling time juga," kata Lino.

Sesuai aturan, kontainer yang masuk dari pelabuhan dan dokumennya sesuai dengan isi kontainer, langsung masuk ke jalur hijau. Artinya tidak perlu dilakukan pengecekan ulang. Namun jika barang-barang dalam kontainer dokumennya diragukan, maka kontainer itu harus masuk ke tempat penampungan kontainer melalui jalur merah dulu untuk diperiksa ulang. Jika tidak ada yang mencurigakan, baru kontainer ini bisa masuk lewat jalur hijau.

Sementara, waktu rata-rata untuk satu container bisa lolos dari jalur merah di Tanjung Priok bisa mencapai 17 hari.

Untuk mempercepat proses pemeriksaan di jalur merah, Lino menyatakan bea cukai sebaiknya tidak memeriksa satu per satu setiap container yang masuk jalur merah. "Katakan satu perusahaan punya 300 kontainer, semuanya discan tapi pemeriksaannya sampling saja," ujarnya memberi saran.

Sebagai contoh, pada 2012 KPU (Kantor Pelayanan Utama) Bea Cukai Tanjung Priok menerima dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) sebanyak 526.275 dokumen dengan nilai impor US$ 66,4 miliar. Jumlah kontainernya 1,69 juta kontainer, atau sekitar 141 ribu kontainer per bulan. Jika 25 persennya harus masuk jalur merah, maka itu berarti ada 35 ribu kontainer yang harus diperiksa satu-per satu tiap bulannya.

SUMBER


Pengusaha banyak yang main2 sama bea cukai sih
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive