SITUS BERITA TERBARU

Bangunan Lantai Tiga Harco Glodok Runtuh

Tuesday, July 16, 2013
[imagetag]

Quote:Salah satu sudut di Pasar Harco Glodok runtuh pada Selasa, 16 Juli 2013, sekitar pukul 01.00 WIB. Runtuhnya bangunan lantai tiga sepanjang 250 meter tersebut menimpa kantin di bawahnya. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, akibat kejadian ini, enam kantin yang tertimpa rusak total.

Dalam pengamatan Tempo, titik ambruk berada di sebelah paling barat gedung Harco Glodok. Sudut tersebut dipenuhi puing-puing material reruntuhan. Banyak tiang besi, seng, dan kayu yang berserakan. Pagar pembatas yang ada di plafon lantai tiga juga jatuh berserakan. Hingga kini, petugas pasar melakukan pembersihan material reruntuhan. Upaya sterilisasi pun dilakukan dengan menutup TKP menggunakan terpal besar berwarna biru.

Beberapa penjual sekitar mengatakan, ambruknya lantai itu terjadi pada pukul 01.00 WIB. "Tidak ada korban jiwa karena kondisi sepi," ucap Budi Santoso, salah seorang pedagang. Hal ini juga dibenarkan petugas keamanan pasar. "Petugas sekuriti piket malam mengatakan bahwa peristiwa yang datang dengan tiba-tiba itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB," kata Oji Suhardi.

Kepala Unit Reskrim Kepolisian Tamansari, Komisaris Erick Frendriz, membenarkan adanya peristiwa itu. Hampir tidak ada orang sama sekali di dalam gedung. "Kondisi gedung sudah kosong karena semua toko sudah tutup pada saat kejadian," kata Erick.

Erick mengatakan bahwa hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan atas ambruknya plafon di pasar yang telah berdiri sejak 1970-an tersebut. "Belum diketahui penyebabnya. Kemungkinannya bisa karena faktor alam, faktor usia bangunan, atau lainnya," kata Erick.


sumber: TEMPO

ane baru tau berita ini padahal dari siang ya beritanya, kok bisa glodok rubuh lagi? kemarin2 udah pada rubuh sekarang nyusul, apa karena struktur bangunannya tidak mendukung dengan beban berat di dalamnya ya? [imagetag] belum diitung orang2 sama barang dagangannya
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive