SITUS BERITA TERBARU

Anomali Suhu Muka Laut Picu Hujan di Jabodetabek Hingga Agustus

Monday, July 22, 2013
Quote: Anomali Suhu Muka Laut Picu Hujan di Jabodetabek Hingga Agustus


[imagetag]

Jakarta - Hujan deras lagi-lagi mengguyur wilayah kawasan Jabodetabek dari Minggu (21/2/2013) kemarin hingga pagi ini. Penyebabnya masih anomali suhu muka laut yang menyebabkan angin yang agak kencang di selatan Pulau Jawa hingga membentuk awan hujan yang turun di utara Pulau Jawa, khususnya Jawa bagian barat.

"Masih (anomali suhu muka laut), sudah sejak Januari anomali positif dan makin besar pada April hingga Juli," jelas Kepala Bidang Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hariyadi.

Suhu muka laut saat memasuki bulan-bulan kemarau pada April menjadi 27-28 derajat Celcius, namun hingga Januari hingga Juli ini masih berkisar 29-30 derajat Celcius, lebih tinggi 1-2 derajat Celcius.

Nah, anomali suhu muka laut ini sempat terjadi di Laut Sulawesi dan Maluku, yang menjadi penyebab Kendari, Sulawesi Tenggara, banjir. Kini terjadi di wilayah Samudera Hindia, wilayah selatan Pulau Jawa.

Suhu muka laut yang lebih tinggi itu menyebabkan angin-angin agak kencang di selatan Jawa, kemudian melambat membentuk putaran ke dalam dan berbelok ke arah utara di kawasan Jabodetabek.

"Pusaran-pusaran angin menyebabkan udara menjadi labil, akhirnya terbentuk awan hujan," jelas Hariyadi.

Namun dia memastikan hujan di kawasan Jabodetabek yang terjadi pada musim kemarau ini bukan imbas dari Topan Soulik yang sempat melanda kawasan Taiwan dan China daratan pekan lalu.

SUMBER....


Wah, nanti Lebaran hujan gak' yaaa......!!!!!!!






SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive