SITUS BERITA TERBARU

Angka Kemiskinan Aceh Turun 1,86 Persen

Monday, July 1, 2013
BANDA ACEH - Angka kemiskinan di provinsi Aceh mulai menurun, data terakhir Maret 2013 memperlihatkan jumlah penduduk miskin di Aceh turun 1,86 persen. Jumlah penduduk miskin di Aceh saat ini 841 ribu orang atau 17,60 persen, berkurang 68 ribu orang bila dibandingkan dengan Maret 2012 yang mencapai 909 ribu orang atau 19,46 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Hermanto, Senin (1/7) mengatakan penurunan jumlah penduduk miskin disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi Aceh yang meningkat selama Maret 2012 terhadap Maret 2013 sebesar 4,79 persen, kemudian tingkat inflasi yang terus terkendali selama periode tersebut yaitu 1,29 persen, selanjutnya meningkatnya produksi hasil pertanian. Khususnya produksi padi yang merupakan sektor utama di daerah pedesaan.

"Adanya berbagai intervensi program pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah, sehingga semakin efektif meningkatkan pendapatan dan daya beli penduduk miskin," ujarnya.

Hermanto menambahkan penurunan angka kemiskinan cukup besar terjadi di daerah pedesaan, yaitu dari 21, 97 persen menjadi 19,96 persen, sedangkan diperkotaan menurun dari 13,07 persen menjadi 11,59 persen.

Hermanto melanjutkan, rokok dan beras menjadi komoditi penyumbang terbesar terhadap kemiskinan di Aceh, disamping itu juga ada non makanan seperti perumahan, bensin, listrik dan pendidikan.

"Kalau indeks kedalaman kemiskinan dan indeks keparahan kemiskinan cendrung mengalami penurunan," imbuhnya.(sumber)

Nggak sesuai realita,,, prasaan pengemis di lampu merah tambah banyak,,,,, [imagetag]matabelo
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive